Pendidikan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Unikama Wisuda 993 Mahasiswa

  • Sabtu, 21 Oktober 2017 | 19:06
  • / 30 Muharram 1439
  • Dibaca : 216 kali
Unikama Wisuda 993 Mahasiswa
Prosesi wisuda Unikama. (rhd)

Memontum Kota Malang — Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mewisuda 993 mahasiswa semester genap 2016/2017, dalam 2 periode sekaligus, di Aula Unikama, Sabtu-Minggu (21-22/10/2017) mulai jam 08.00-12.00 WIB.

Pada periode I, Unikama melepas 504 wisudawan/ti dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Peternakan, dan Program Pascasarjana. Sementara pada periode II, Unikama melepas 489 wisudawan/ti dari Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Ketua Pelaksana Wisuda, Dr Vinus Maulina mengatakan, kemasan wisuda kali sedikit berbeda dari sebelumnya, dengan menampilkan beberapa performance yang mengangkat seni budaya dari etnik multikultural, sebagaimana mahasiswa Unikama berasal dari berbagai daerah di Indonesia. “Unikama merupakan kampus multikultural dengan mahasiswa dari Sabang sampai Merauke. Untuk itu, kami menyuguhkan konsep pembukaan wisuda dengan pagelaran tarian dari Nusantara. Ini sebagai bentuk apresiasi dan menjunjung tinggi budaya nusantara yang beragam,” jelas Vinus Maulina.

Peraih IPK Terbaik pada periode I, Fakultas Peternakan S-1 oleh Ria Fauziah (Prodi Peternakan) IPK 3,87, Fakultas Ilmu Pendidikan S-1 oleh Yulinda Rizka Fahmi (Prodi Pendidikan Guru SD) IPK 3,78, Fakultas Hukum S-1 oleh Sulistyo (Prodi Ilmu Hukum) IPK 3,60, dan Program Pascasarjana S-2 oleh Sudaryono (Prodi Pendidikan IPS) IPK 3,76.

Sementara peraih IPK Terbaik pada periode II, Fakultas Bahasa dan Sastra D-3 oleh Afidatul Mahmudah (Prodi Bahasa Jepang) IPK 3,77, Fakultas Bahasa dan Sastra S-1 oleh Yusi Anita (Prodi Bahasa Inggris) 3,83, Fakultas Sains dan Teknologi S-1 oleh Achmad Cholirul Rohman (Prodi Teknik Informatika) IPK 3,88, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis oleh Khoridatul Hidayah (Prodi Pendidikan Ekonomi) IPK 3,76.

Sebagai bagian bentuk apresiasi pada para wisudawan/ti peraih IPK terbaik, Unikama menampilkan video profil masing-masing, baik tentang aktifitas di kampus, prestasi yang diraih dan kondisi keluarganya. “Tujuannya agar memotivasi mahasiswa lainnya. Selain itu, ada video tentang profil, kegiatan dan prestasi kampus Unikama. Supaya tidak jenuh,” jelas Lina.

Sebelum gladi bersih wisuda, Unikama menggelar seminar pembekalan persiapan dunia kerja dengan menggandeng Sinarmas, yang menyampaikan informasi lowongan pekerjaan dan program rekrutmen karyawan. Dengan pembekalan tersebut, diharapkan calon lulusan menguasai materi teknik melamar pekerjaan, wawancara, dengan memberikan kesempatan para wisudawan untuk melamar kerja. Bahkan tak menutup kemungkinan menjadi wirausahawan.

“Carrier Development Center (CDC) memberikan bekal persiapan bekerja sejak awal semester 7. Namun kami mengoptimalkannya dengan seminar tersebut, agar daya serap ulusan Unikama lebih baik. Rata-rata masa tunggu 3-4 bulan, mulai lulus hingga kerja. Paling banyak terserap sebelum masa tunggu dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), sekitar 80 persen, yakni dengan penempatan di sekolah-sekolah,” tukas Lina. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional