Pendidikan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Mahasiswa Unej Asah Pengetahuan di-Kejari Situbondo

  • Minggu, 10 Desember 2017 | 19:11
  • / 21 Rabiul Uula 1439
Mahasiswa Unej Asah Pengetahuan di-Kejari Situbondo
Kasi Pidum Kejari Situbondo Bagus Nur Jakfar Adi Saputro,SH,.MH saat berkeliling di Kantor Kejaksaan menunjukkan papan grafik suatu perkara yang sedang berjalan.(im)

Memontum Situbondo Kejaksaan Negeri (Kejari) Situbondo menerima kunjungan dosen dan mahasiswa fakultas hukum universitas jember (Unej). Kunjungan tersebut dilakukan guna lebih mengenal jaksa di Kejari Situbondo sebagai pengacara negara serta penanganan hukum yang dilakukan di wilayah Kabupaten Situbondo.

Informasi yang dihimpun Memontum.com, kunjungan para mahasiswa tersebut merupakan bentuk kerjasama antara kejaksaan negeri Situbondo dengan Universitas jember (Unej) beberapa waktu lalu. Dalam kunjungan tersebut, dibahas pula agenda perkuliahan dalam rangka penguatan tugas pokok dan fungsi dari masing-masing institusi, para mahasiswa belajar dan praktek secara langsung salah satu materi perkuliahan yaitu mata kuliah eksekusi.

Kepala seksi tindak pidana umum (Kasi Pidum) Kejari Situbondo, Bagus Nur Jakfar Adi Saputro SH MH yang pada saat itu juga menjadi pemateri dalam perkuliahan. Dia mengatakan bahwa kerjasama ini terjalin karena rasa peduli Kejaksaan Negeri Situbondo terhadap perkembangan dunia hukum, utamanya di wilayah Situbondo.

“Pentingnya menjadi aparat penegak hukum yang profesional, berintegritas dan proporsional dalam menangani suatu perkara, transparansi dan meraih kepercayaan publik adalah salah satu cara dalam penegakan hukum di Indonesia,” pesannya terhadap mahasiswa.

Bahkan Bagus juga tidak segan-segan mengajak mahasiswa Unej berkeliling di kantor Kejaksaaan Negeri Situbondo, untuk melihat secara langsung transparansi penanganan perkara tindak pidana umum melalui papan grafik. Serta melihat lebih dalam tentang bagaimana administrasi suatu perkara yang sedang berjalan.

“Kerjasama dengan universitas merupakan salah satu terobosan di Kejari Situbondo. Artinya mereka mendapatkan teori di fakultas, prakteknya bisa di kejaksaan.Kami dari Kejari Situbondo berharap akan banyak fakultas atau universitas yang bekerjasama untuk perkuliahan, terutama universitas yang ada di Situbondo,” pesannya.

Pembantu Dekan 2 Universitas Jember, Echwan Irianto saat dikonfirmasi awak media juga menyatakan bahwa agenda perkuliahan akan berkelanjutan tiap semester. Universitas Jember sendiri akan secara rutin mengirim mahasiswanya untuk belajar praktek perkuliahan di Kejaksaan Negeri Situbondo.

“Pertama – tama kami ucapkan terima kasih dan mengapresiasi yang sebesar-besarnya atas inovasi yang telah di buat oleh Kepala Seksi Tindak Pidana umum kejari Situbondo. Mahasiswa kami juga terlihat antusias dan puas dengan ilmu yang mereka dapat dalam kunjungan singkat ini,” tegas Echwan Irianto kepada Memontum.com, Sabtu (9/12/2017).

Dalam kegiatan perkuliahan yang diikuti puluhan mahasiswa Unej tersebut, Kasi Pidum Kejaksaan Situbondo berjanji akan terus berkolaborasi dengan praktisi dan akademisi yang ada di fakultas hukum Universitas Jember dalam mengawal perkara pidana umum nantinya.(im/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional