Pendidikan

iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana
lenjag

Wasbang Membentuk Kedisiplinan Siswa

  • Rabu, 29 November 2017 | 09:21
  • / 10 Rabiul Uula 1439
  • Dibaca : 205 kali
Wasbang Membentuk Kedisiplinan Siswa
Para siswa menyimak penyampaian materi wasbang dari nara sumber

Babinsa Bendung Berikan Pelatihan

 
Memontum, Mojokerto – Pentingnya penanaman pemahaman wawasan kebangsaan (Wasbang) bagi generasi muda khususnya para pelajar harus dilakukan sejak dini sehingga ke depan diharapkan akan terbentuk generasi bangsa yang berkarakter. Kali ini Babinsa Bendung Koramil 0815/07 Jetis Kodim 0815 Mojokerto Sertu Slamet Sugiarto memberikan penyuluhan wasbang bagi siswa-siswi SDN 1 Bendung Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan diawali dengan upacara bendera rutin yang diikuti seluruh siswa-siswi SDN Bendung, Kepala Sekolah dan para guru serta karyawan yang secara keseluruhan berjumlah sikitar 204 orang. Sertu Slamet Sugiarto bertindak sebagai pembina upacara.

Sebelum upacara dimulai, Babinsa Bendung sempat memberikan gladi kepada para siswa yang menjadi petugas upacara seperti komandan upacara dan petugas pengibar bendera.

Dalam arahannya, Babinsa menegaskan upacara bendera yang didalamnya ada penghormatan terhadap Bendera Merah Putih, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang merupakan simbol atau lambang negara merupakan salah satu perwujudan dari cinta tanah air atau semangat kebangsaan. “Memberikan penghormatan kepada Bendera Merah Putih, berarti kita menghormati negara kita yaitu NKRI, sebagai warga negara yang baik tentunya kita harus menghormati lambang-lambang negara,” tegas Babinsa.

Dijelaskan pula oleh Babinsa, tentang pentingnya kedisiplinan bagi manusia terlebih generasi muda khususnya para pelajar. Disiplin itu harus diterapkan dan dibiasakan, seperti dalam proses belajar, yang dimulai dengan datang ke sekolah tidak terlambat, mengumpulkan tugas sekolah tepat waktu, taat kepada Guru dan mematuhi semua tata tertib sekolah diantaranya bagaimana keharusan seragam, ukuran rambut, kuku dan kebersihan kelas dan lain-lain. Demikian pula saat kita di rumah dan dilingkungan, patuh pada orang tua, taat pada aturan agama dan lingkungan,” tambahnya.

Selain di lapangan upacara, Sertu Slamet Sugiarto dengan dibantu 4 Babinsa memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan di ruang kelas bagi pelajar Kelas IV, V dan VI. Materi yang disampaikan tidak jauh berbeda dengan materi saat upacara bendera, namun ada penambahan tentang materi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan menjelaskan tentang istilah Tiga Pilar Tingkat Desa yaitu Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Secara terpisah, Danramil 0815/07 Jetis Kapten Inf Hari Subiyanto, mengungkapkan, penyuluhan wawasan kebangsaan berupa materi kedisiplinan, cinta tanah air dan Pancasila bagi siswa-siswi tingkat sekolah dasar, salah satu tujuannya untuk membentuk kedisiplinan siswa dan menanamkan jiwa nasionalisme. “Ini bagian dari pendidikan karakter, diharapkan pada diri siswa-siswi akan lebih tertanam sikap kedisplinan dan semangat kebangsaan serta mampu menerapkannya dalam keseharian,” pinta Danramil. (mrg/ono)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional