Connect with us

Kota Malang

Persiapkan Studi Lanjut, SMA Kosayu Bekali Murid Melalui Expo Perguruan Tinggi

Diterbitkan

||

Persiapkan Studi Lanjut, SMA Kosayu Bekali Murid Melalui Expo Perguruan Tinggi

Memontum Kota Malang – Sekolah Menengah Atas (SMA) Kolese Santo Yusup (Kosayu) menggelar Expo Perguruan Tinggi. Dalam kegiatan yang digelar selama dua hari pada Sabtu (14/9/2019) dan Minggu (15/9/2019) ada sebanyak 73 lembaga pendidikan tinggi yang turut serta. Diantaranya ada sebanyak 40 yang murni dari perguruan tinggi (PT) dan 33 dari biro pendidikan.

Menurut Kepala SMA Kosayu, Petrus Harjanto, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberi wawasan kepada siswa, agar mempunyai gambaran terkait rencana selanjutnya setelah lulus sekolah. Yang menurutnya, untuk menentukan pilhan yang tepat, siswa siswi SMA Kosayu harus memiliki wawasan yang cukup.

“Mempersiapkan anak didik kami terutama kelas XII untuk menentukan sebagian dari jalan hidupnya. Karena sesungguhnya, menentukan studi lanjut adalah bagian dari sebuah perjalanan yang harus diputuskan dengan bijaksana,” ujar Petrus.

Selain expo perguruan tinggi, guna mempersiapkan siswa agar memiliki wawasan yang cukup, pihaknya juga telah menyelenggarakan expo carreer. Dalam expo carreer tersebut, pihaknya mengundang beberapa alumni untuk bisa berbagi dan memberi sedikit gambaran terkait keadaan yang sesungguhnya di dunia kerja.

“Mereka (alumni) memberikan penjelasan untuk menggambarkan tentang dunia kerja sesuia profesi yang dijalani masing-masing. Harapannya, setelah mereka (siswa) memiliki wawasan yang cukup tentang profesi apa yang ingin digeluti, para siswa bisa memiliki gambaran dan wawasan dimana akan menentukan studi lanjut. Maka dari itu, hari ini (14/9/2019) kami menghadirkan perguruan tinggi baik dari luar negeri maupun Indonesia untuk menjelaskan beberapa program studi yang ada,” imbuhnya.

Lebih lanjut Petrus menjelaskan, dalam kegiatan tersebut beberapa perguruan tinggi akan melakukan presentasi secara langsung di dalam kelas. Yang kemudian, jika melalui presentasi tersebut para siswa sudah mempunyai gambaran atau bahkan telah menentukan pilihan, selanjutnya bisa mengajak orang tuanya terkait pilihan yang dibuat.

“Kalau dari perguruan tinggi, secara resmi memang belum membuka pendaftaran. Namun ada beberapa perguruan tinggi yang telah kerjasama selalu meminta data awal kepada kami terkait siswa. Data awal itu berupa nilai yang menjasi syarat masuk ke kelas XII, sehingga harapannya dari perguruan tinggi sudah bisa memaparkan beberapa fasilitas seperti beasiswa dan lainnya berdasarkan data awal yang dikirim sekolah beberapa waktu lalu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Rosa Irawati mengatakan, antusias para siswa serta orang tua dalam mengikuti kegiatan tersebut sangat bagus. Menurutnya hal itu ditunjukan pada stand-stand perguruang tinggi yang selalu dipadati oleh pengunjung.

“Selain itu kami juga mengundang 51 sekolah SMA, SMK, dan MA se Malang Raya, Tulungagung dan Kediri. Selain dimaksudkan untuk memberi wawasan kepada para siswa, kami juga ingin menunjukan kepada para orang tua, bahwa disini putra putrinya juga kami beri sedikit bekal untuk mempersiapkan langkah selanjutnya yang akan diambil setelah usai menempuh pendidikan disini (SMA Kosayu),” pungkasnya. (iki/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler