Pendidikan

Pengukuhan Guru Besar Polinema
lenjag

Politeknik KP Sidoarjo Luluskan 137 Wisudawan, Diharap Kembangkan Potensi Perikanan

  • Minggu, 25 Agustus 2019 | 19:03
  • / 23 Djulhijjah 1440
Politeknik KP Sidoarjo Luluskan 137 Wisudawan, Diharap Kembangkan Potensi Perikanan
WISUDA - Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah menghadiri acara wisuda 137 Taruna dan Taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Sidoarjo di kampus Politeknik KP, Sedati, Sidoarjo, Sabtu (24/8/2019)

Memontum Sidoarjo – Sebanyak 137 Taruna dan Taruni Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Sidoarjo di wisuda Sabtu, (24/08/2019). Prosesi wisuda angkatan XIX tahun akademik 2018-2019 ini digelar di kampus Politeknik KP, Sedati, Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah hadir dalam wisuda ini. Selain itu juga dihadiri Irjen Kementerian Kelautan Perikanan RI DR Muhammad Yusuf, didampingi Sekretaris Badan Riset dan SDM Kelautan dan Perikanan, Maman Hermawan. Dalam kesempatan itu juga hadir kepala Badan Pengembangan SDMP Kelautan dan Perikanan serta Bupati Magetan.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah berpesan untuk wisudawan agar dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh dengan sebaik-baiknya. Selain itu berharap, lulusan kali ini dapat berperan serta mengembangkan potensi perikanan dan kelautan di Sidoarjo. “Produksi perikanan di Sidoarjo diharapkan dapat ditingkatkan. Karena sektor perikanan dan kelautan menjadi salah satu komoditi unggulan Sidoarjo,” katanya.

Bupati menyebutkan Sidoarjo memiliki potensi pertambakan seluas lebih kurang 15.530 hektar. Wilayah pertambakan tersebar di 8 kecamatan. Diantaranya di Kecamatan Waru, Buduran, Sedati, Candi, Sidoarjo, Tanggulangi, Porong dan Kecamatan Jabon. Selain itu potensi perikanan di Sidoarjo juga didukung potensi komoditas air tawar. Luasnya lebih kurang 36 hektar yang tersebar di kecamatan lain di wilayah Barat.

“Untuk mengembangkan potensi perikanan, Sidoarjo menjalin kerjasama (MoU) dengan Politeknik KP Sidoarjo. Kerjasama ini dalam pengembangan teknologi budidaya maupun teknik pengolahan ikan,” ungkapnya.

Sementara Irjen Kementerian Kelautan Perikanan RI, Dr Muhammad Yusuf menegaskan perjalanan pendidikan yang dilalui taruna dan taruni tidak berhenti sampai disini. Tantangan diluar sudah menghadang. Dirinya berpesan untuk menggapai cita setinggi-tingginya.

“Boleh mencari gelar sebanyak mungkin, tapi jaga integritas. Integritas adalah nilai jual masing-masing taruna dan taruni. Jaga integritas dan tingkatkan pengetahuan. Saya mendoakan semua sukses,” tandasnya.

Diketahui wisuda kali ini meluluskan taruna dan taruni di lima Program Studi (Prodi). Diantaranya Prodi Teknik Budidaya Perikanan, Prodi Teknik Pengolahan Produk Perikanan, Prodi Teknik Penanganan Patologi Perikanan, Prodi Agribisnis Perikanan dan Prodi Mekanisasi Perikanan. Taruna dan taruni yang mengenyam pendidikan di lima Prodi ini dinyatakan lulus 100 persen. Mereka akan menyandang gelar Ahli Madya Perikanan. Selain itu, lulusan Politeknik KP Sidoarjo juga dibekali sertifikat keahlian dan sertifikat kompetensi. (Wan/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional