Connect with us

Banyuwangi

Ratusan WB PKBM Mitra Tamansuruh Terima Ijazah

Diterbitkan

||

BANGGA : Peserta WB PKBM Mitra Tamansuruh, ketika menerima ijasah dari Kabid Dikmas, Nuriyatus Sholeha, bertempat di aula BUMDes, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Minggu (18/8/2019) siang. (tut)

Memontum Banyuwangi – Warga Belajar (WB) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mitra Tamansuruh, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah Banyuwangi, membagikan ratusan ijazah paket A, B, dan C kepada ratusan WB, bertempat di aula Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Tamansuruh, Minggu (18/8/2019) siang.

Kepala Satuan Koordinator Pendidikan (Kasatkordik) Kecamatan Glagah, Drs Janoto mengatakan penyerahan ijazah ini sebegai bentuk WB telah menuntaskan masa pendidikan.

“Setelah belajar di PKBM, para WB ini mengikuti ujian, dan dinyatakan lulus,” ujar Janato.

Yang harus dipahami, lanjut Janoto, PKBM ini bukan tempat produksi ijazah. Namun tempat warga masyarakat memperoleh akses pendidikan diluar usia sekolah .

“Dengan lulusnya para WB ini, nantinya ijasah tersebut bisa dipergunakan untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Banyuwangi, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Nuriyatus Sholeha mengatakan, pihaknya sangat senang atas kelulusan WB yang ada di Banyuwangi.

“Pertama saya ucapkan selamat kepada seluruh WB yang dinyatakan lulus, semoga ijasah yang sudah diterimakan ini berguna bagi WB,” kata Nuri, sapaan akrab Kabid Pendidikan Masyarakat.

Nuri menegaskan, kejar Paket itu Pendidikan kesetaraan, tapi ijasah yang diterima WB tersebut diakui kelulusannya, untuk Paket A setara dengan SD, Paket B setara dengan SMP dan Paket C setara dengan SMA.

“Meski non formal, ijasah itu diakui,” tegasnya.

Menurutnya, tujuan diadakannya kejar paket ini, untuk masyarakat yang putus sekolah yang sudah lepas dari usia sekolah.

“PKBM itu bukan pabrik ijazah, tapi tempat belajar bagi warga masyarakat yang putus sekolah, belum pernah sekolah dan lepas dari usia sekolah,” terangnya.

Kabid Pendidikan Masyarakat ini mengaku bangga dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PKBM. Menurutnya, mereka ini mampu menggerakkan masyarakat untuk mengikuti pendidikan kesetaraan.

“Saya sangat apresiatif dengan program kerja PKBM , mereka tidak ada capek-capeknya menggerakkan masyarakat untuk menempuh pendidikan, sehingga masyarakat mau belajar,” tandasnya.

Kepada WB yang sudah dinyatakan lulus, Nuriyatus Sholeha menghimbau pergunakan ijasah sebaik baiknya untuk meningkatkan kualitas dan memperoleh pendidikan jenjang selanjutnya.

“Lulusan kejar paket C berhak dan bisa mengikuti pendidikan jenjang S1” himbaunya.

salah satu WB PKBM Mitra Taman suruh, Ahmad Syahroni mengungkapkan dirinya sangat gembira atas penerimaan ijazah ini. menurutnya, dengan ijasah paket C yang sudah di tangan ini, dirinya akan melanjutkan pendidikan, yang sudah lama diidam-idamkan.

“Setelah menerima ijazah ini, saya langsung mendaftar ke salah satu universitas yang ada di Banyuwangi, saya ingin kuliah di fakultas hukum,”kata pria beranak satu dengan bangga. (tut/oso)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler