Connect with us

Kota Malang

FKH UB Sensus Ternak dan Periksa Kesehatan Hewan

Diterbitkan

||

Pemeriksaan kesehatan hewan oleh tim FKH UB. (ist)

Memontum Kota Malang – Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (FKH UB) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bertajuk “Program Sensus Ternak dan Pemeriksaan Hewan” di Balai Desa Gading Kulon, Kabupaten Malang, selama 3 hari, Jumat-Minggu (26-28/7/2019).

Pemeriksaan hewan yang dilakukan pada 449 ternak ini sebagai upaya untuk memeriksa apakah ada ternak yang terinfeksi. Jenis pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pada ternak di Desa Gading Kulon, antara lain pemberian obat cacing, pemberian vitamin, pemberian kemoterapeutika, dan pemberian antispetik pada luka. Sedangkan program sensus bertujuan untuk mengetahui gambaran total ternak disana, seperti halnya sensuk penduduk Indonesia.

Tim FKH UB yang terlibat sensus ternak dan pemeriksaan kesehatan hewan. (ist)

Tim FKH UB yang terlibat sensus ternak dan pemeriksaan kesehatan hewan. (ist)

“Kami berharap kegiatan ini bisa terus berlangsung, mengingat di wilayahnya tidak ada dokter hewan,” harap Kepala Desa Gading Kulon, Wahyu Eddi Prihanto.

Menanggapi hal itu, Dekan FKH, Dr Ir Sudarminto Setyo Yuwono, MAppScc juga menyampaikan, kegiatan ini seharusnya dapat terus berjalan, karena lokasi Desa Gading Kulon dengan FKH Universitas Brawijaya terbilang cukup dekat. “Sehingga nantinya bisa menjadi desa binaan FKH,” jelas mantan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UB ini.

Civitas Akademika FKH UB dibagi menjadi 17 kelompok pada setiap RT di Desa Gading Kulon, untuk melakukan sensus ternak dan mendata ternak yang sakit. Di hari selanjutnya, hewan ternak yang didata sakit dilakukan pengobatan.

“Selain sensus ternak dan pemeriksaan kesehatan hewan, juga dilakukan beberapa kegiatan. Diantaranya transfer ilmu kesehatan veteriner pada masyarakat, pertemuan mahasiswa dengan karangtaruna, kerja bakti di lingkungan desa Gading Kulon, lomba untuk anak-anak, dan juga pemeriksaan gigi gratis oleh FKG UB,” beber Ketua Panitia, drh. Analis Wisnu Wardhana, M.Biomed. (adn/yan)

 

Terpopuler