Connect with us

Kota Malang

5.018 Camaba UB Lolos Jalur Mandiri

Diterbitkan

||

5.018 Camaba UB Lolos Jalur Mandiri

Memontum Kota Malang – Sebanyak 5.018 peserta diterima di jalur mandiri Universitas Brawijaya (UB) Malang tahun 2019 sebagaimana hasil seleksi yang dilaksanakan pada Senin (15/7/2019), dari total 13.073 peserta yang terbagi dalam 3 kelompok, yaitu saintek sebanyak 7.371 orang, soshum 5.416 orang dan campuran 286 orang.

Wakil Rektor I UB, Prof Dr drh Aulanni’am, DES, mengapresiasi selamat datang kepada mahasiswa baru di kampus yang paling diminati di Indonesia Universitas Brawijaya, Malang. Selanjutnya, Aul, sapaan akrabnya, menghimbau camaba segera melakukan daftar ulang dan mengunjungi laman selma.ub.ac.id.

Wakil Rektor I UB, Prof Dr drh Aulanni'am, DES, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

Wakil Rektor I UB, Prof Dr drh Aulanni’am, DES, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

“Siswa yang terpillih untuk menjadi calon maba UB masih harus mengikuti tes kesehatan untuk beberapa fakultas yang mensyaratkan,” terang Aul.

Dari 13.073 peserta yang mengikuti tes jalur Mandiri 2019 sebanyak 1.648 peserta dinyatakan gugur lebih dulu karena tidak hadir. Sementara 5.018 peserta diterima, terdiri dari saintek sebanyak 3.104 orang, soshum 1.914 orang. Disinggung bertambahnya jumlah yang diterima dari kuota awal jalur Mandiri sebanyak 3.395, jumlah tersebut untuk menutupi camaba yang tidak mendaftar ulang atau mundur dari jalur SNMPTN dan SBMPTN, termasuk antisipasi jalur Mandiri nanti.

“Camaba jalur SNMPTN dan SBMPTN banyak yang mundur dengan tidak mendaftar ulang. Bertambahnya kuota yang diterima 5.018 peserta untuk menutupi itu, termasuk antisipasi mundurnya peserta jalur mandiri. Karena kuota total tahun ini sekitar 11.000-an,” jelas Kabiro Humas UB Kotok Gurito.

Dari total peserta yang mengikuti tes, peminat terbanyak kelompok saintek adalah pendidikan dokter tercatat 1.880 orang dengan penerimaan 95 orang, sedangkan peminat terbanyak kelompok soshum yaitu ilmu hukum sebanyak 1.637 orang dan diterima 265 orang.

Penilaian seleksi jalur mandiri kali ini berdasarkan nilai tes murni ditambah prestasi lain, yang dibuktikan dengan sertifikat prestasi seperti juara seni, olah raga, baca Alquran dan lainnya. Sementara itu, batas waktu peserta yang diterima untuk melakukan daftar ulang mulai tanggal 21 Juli hingga 26 Juli 2019, dan peserta yang tidak daftar ulang sampai batas waktu yang ditentukan dianggap mengundurkan diri. (adn/yan)

 

Terpopuler