Connect with us

Kota Malang

Matsama MTsN 1 Kota Malang, Berikan Beragam Kegiatan, Motivasi Siswa Baru Lebih Mandiri

Diterbitkan

||

Para siswa baru dengan nametag berbentuk panda, agar lebih cepat beradaptasi dalam pengenalan. (rhd)

Memontum Kota Malang – Sekitar 352 siswa baru MTsN 1 Kota Malang mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Kelas 7 MTsN 1 Kota Malang yang dilaksanakan selama sepekan. Matsama dibuka oleh Kepala MTsN 1 Kota Malang, Drs H Samsudin MPd, saat apel pagi di lapangan basket, Senin (15/7/2019) bersama para siswa kelas 8, kelas 9, dan para guru serta karyawan.

Samsudin mengucapkan selamat datang kepada para siswa baru kelas 7. Samsudin menyampaikan bahwa saat ini para siswa bukan lagi siswa SD dan MI. Di bangku MTsN 1 sudah sepatutnya para siswa untuk lebih mandiri, baik cara bertutur, bersikap, dan belajar.

Kepala MTsN 1 Kota Malang, Drs H Samsudin MPd, saat apel pagi Tahun Ajaran Baru 2019/2020. (rhd)

Kepala MTsN 1 Kota Malang, Drs H Samsudin MPd, saat apel pagi Tahun Ajaran Baru 2019/2020. (rhd)

“Maka untuk bisa menyesuaikan diri, anak-anak akan memulai melalui kegiatan Matsama,” ungkap Samsudin, dalam sambutannya saat menjadi inspektur upacara.

Berdasarkan data yang ada, banyak peserta didik yang masuk melalui jalur prestasi akademik dan non akademik. Termasuk juz hafalan yang banyak. Untuk itu, Samsudin mengajak para siswa untuk meningkatkan prestasi di MTsN 1. “Silakan bergabung dengan kelompok layanan belajar dengan jadwal yang sudah ditentukan,” tambah Samsudin.

Dalam rangkaian sepekan Matsama ini, nantinya para siswa akan menjalani beragam agenda. Di hari pertama hingga ketiga, Senin-Rabu (15-17/7/2019), para siswa akan diberikan sosialisasi kurikulum MTsN 1, tatibsi, bercengkrama dengan OSIS, selebrasi pengenalan eskul dan perekrutan anggota baru, bimbingan dan konseling, wawasan Wiyata Mandala, tes peminatan program, panggung ekspresi peserta didik baru, sholat Dhuha, Dhuhur dan Ashar berjamaah.

“Kami akan berikan penguatan, pembentukan karakter dan sosialisasi kelompok. Selain itu, akan kami berikan tes pemetaan peminatan program kepada anak-anak untuk memilih bentuk pelayanan yang dibutuhkan. Seperti pelayanan tahfidz, olimpiade, dan lainnya. Sehingga ada kesesuaian karakter antara program dan anak. Selain itu, materi keagamaan akan juga diberikan secara intensif dalam Matsama,” beber Samsudin.

Dilanjutkan Diklat Karakter, Outbond, dan Wawasan Kebangsaan bagi para peserta didik baru MTsN 1 Kota Malang di Arhanud TNI AD, selama 3 hari, Kamis-Sabtu (18-20/7/2019).

“Kegiatan ini akan berbeda dengan kegiatan di madrasah. Kegiatan ini cukup banyak membantu kami dan para siswa, terutama penguatan kebangsaan, kedisiplinan, dan karakter yang kuat. Bahkan dari kegiatan kemiliteran ini, anak-anak menyukai paskibra,” terang pria ramah ini.

Dalam kesempatan tersebut, dalam upaya mengawali pelajaran dengan maksimal, Samsudin juga berpesan kepada para siswa kelas 8 dan 9.

“Bagi siswa kelas 9, merupakan kelas penting dimana masa pelajaran tidak sepenuhnya. Karena memasuki bulan Maret mulai ujian. Sehingga manfaatkan sebaik-baiknya waktu pembelajaran yang ada. Maka kalian harus lebih mandiri dan dewasa. Ikhtiar lebih ditingkatkan. Nilai yang diperoleh tahun lalu itu 86 ke atas. Semoga tahun ini lebih baik,” jelas pria asal Pasuruan ini.

Sementara bagi siswa kelas 8, Samsudin berpesan agar para siswa kelas 8 mengembangkan akademik dan non akademik.

“Kelas 8 ini waktu kelas tengah-tengah yang paling bagus. Masa paling longgar untuk mengembangkan akademik dan non akademik. Pengalaman kelas 7 dapat terus ditingkatkan, sebelum kelas 9 waktunya terbatas. Dengan kultur dan tata tertib yang ada, InsyaAllah bisa diikuti dengan baik untuk dipatuhi bersama,” tandas Samsudin.

Usai upacara pembukaan awal tahun ajaran 2019/2020, siswa langsung menuju masjid sekolah untuk sholat Dhuha secara bertahap. Sementara siswa lainnya diperbolehkan melihat ruangan kelas baru. (adn/yan)

 

Terpopuler