Connect with us

Kota Malang

Sinergi Dekan MIPA se-Asia Tingkatkan Kualitas Pendidikan Sains

Diterbitkan

||

Penandatanganan MoU antar UM dan Dekan Fakultas Sains se-Asia. (rhd)

Memontum Kota Malang – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah pertemuan dekan-dekan sains se-Asia ke-5 atau The 5th Asian Science Deans Summit (ASDS), di Santika Premiere Malang dan Universitas Negeri Malang, selama 3 hari, Rabu (9-11/7/2019).

ASDS 2019 yang diikuti oleh 61 orang dekan se-Asia ini, bertemakan “Penguatan Mobilitas dan Kerjasama terkait Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” (Reinforce Mobility and Networking Activity on Teaching, Research and Community Services). ASDS merupakan pertemuan tahunan dekan-dekan sains di Asia sejak 2015. ASDS ke-1, 2, 3 dan 4 yang berturut-turut dilaksanakan di Korea, Phillipines, Indonesia, dan Thailand.

Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd, membuka ASDS. (rhd)

Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd, membuka ASDS. (rhd)

“Tujuannya, mempromosikan dan menyediakan platform untuk jaringan dan kolaborasi antara fakultas sains di negara-negara anggota ASDS. Melalui diskusi dan pertukaran pengetahuan, pengalaman dan wawasan, maka anggota ASDS dapat bersama-sama meningkatkan standar pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, untuk kepentingan dunia, khususnya Asia,” jelas Dekan FMIPA UM, Assoc. Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si.

Rangkaian kegiatan ASDS meliputi Pleno terkait beberapa topik penting yaitu Akreditasi Internasional, Penguatan Kerjasama dan Kolaborasi, Pengabdian kepada Masyrakat, dan Peningkatan Kegiatan Pertukaran Mahasiswa; Penandatangan MoU di antara fakultas sains; dan diskusi kelompok dikemas dalam wisata alam dan budaya, yaitu tour kota Malang, Gunung Bromo dan Museum Angkot yang bertujuan untuk mempromosikan Jawa Timur, khususnya Kota Malang dan sekitarnya.

Dekan FMIPA UM, Assoc. Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

Dekan FMIPA UM, Assoc. Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd. untuk membuka acara. 2019, turut dihadiri Dekan FMIPA UM, Assoc. Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si. Ketua Pelaksana Husni Wahyu Wijaya, Ph.D, para dekan sains se-Asia dan wakilnya, founders ASDS, Sekjen MIPAnet, Ketua Majelis Science Dean Malaysia (MSDS), Rapim UM, para dekan UM, Pejabat FMIPA, ketua LP2M UM, ketua LP3 UM, direktur HI UM, Ka Biro UM, Kepala pusat bisnis UM dan tim kerjasama FMIPA UM. (adn/yan)

 

Terpopuler