Connect with us

Kota Batu

Siswa Baru Skariga Sumbang Ribuan Bibit Pohon dan Ikan

Diterbitkan

||

Penyerahan bibit pohon dari PT. Astra Daihatsu Motor kepada Pemkot Batu. (rhd)

Memontum Batu – Sekitar 860 siswa baru SMK PGRI 3 Kota Malang mengikuti Kegiatan Cinta Sekolah (KCS 2019) Skariga bertemakan Harmoni Milenial Cerdas, Berbudi Pekerti Luhur, dan Berkarakter dalam membangkitkan Jiwa Peduli Lingkungan, yang dibuka oleh Walikota Batu, Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si, di GOR Gajahmada Kota Batu, Senin (8/7/2019) pagi.

Walikota Batu, Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si, mengapresiasi keaktifan kegiatan Skariga. Meski keberadaan SMK PGRI 3 Kota Malang berada di Kota Malang, namun kegiatannya beberapa dihelat di Batu.

Penyerahan benih ikan kepada Dewanti Rumpoko. (rhd)

Penyerahan benih ikan kepada Dewanti Rumpoko. (rhd)

“Ini bukan masalah teritorial, namun ini tentang pendidikan bagaimana membentuk anak-anak menjadi generasi tangguh di masa depan. Apalagi siswa asal Batu juga cukup banyak di Skariga. Untuk itu, kami mendukung kegiatan berkarakter dan berkualitas seperti ini, dan berusaha untuk bisa hadir,” ungkap Dewanti.

Dalam kesempatan tersebut, Skariga mendonasikan 1.500 bibit pohon mahoni dan sengon dari PT. Astra Daihatsu Motor kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu untuk Kelestarian dan Penghijauan Kota Batu.

Selain itu, didonasikan pula 2.000 benih ikan dari peserta KCS kepada Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Batu, untuk dilepas di DAS Brantas.

Usai penanaman pohon di kawasan GOR Gajahmada Kota Batu. (rhd)

Usai penanaman pohon di kawasan GOR Gajahmada Kota Batu. (rhd)

Saat musim kemarau, lanjut Dewanti, ada banyak pohon yang mati karena kekurangan air. Dan beberapa tempat yang seharusnya dilindungi, namun beberapa masyarakat ada yang tidak peduli. Contohnya, disepanjang jalan Panglima Sudirman ada sekitar 200 pohon yang mati kekeringan.

“Donasi pohon dari Skariga ini nantinya untuk merehabilitasi beberapa pohon yang telah mati saat musim kemarau. Hal ini bukan hanya di Batu, namun juga daerah lainnya. Pun dengan keberadaan ikan di DAS Brantas harus tetap dijaga ekosistemnya. Salah satunya tidak membuang sampah ke sungai,” tambah istri Edi Rumpoko ini.

Kegiatan ini bekerjasama dengan PT. Astra Daihatsu Motor sebagai mitra pembina SMK PGRI 3 Kota Malang. Tentunya, keterlibatan semua pihak sangat berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dewanti Rumpoko menanam pohon di sudut GOR. (rhd)

Dewanti Rumpoko menanam pohon di sudut GOR. (rhd)

“Donasi ini bentuk kepedulian lingkungan atas beberapa fenomena pohon kekeringan dan berkurangnya ikan karena sampah. Program ini kami kolaborasikan dengan Hijau Daihatsu. Alasannya memilih Batu karena sebagai destinasi wisata,” jelas Kepala SMK PGRI 3 M. Lukman Hakim, ST, kepada awak media.

Pendidikan SMK memiliki 3 kompetensi, yaitu karakter, pengetahuan, dan keterampilan, yang dikenalkan dalam proses pembelajaran. “Mereka harus paham betul, jika siswa harus berinteraksi dengan lingkungan, baik saat sedang menempuh pembelajaran dan setelah lulus. Salah satunya, melalui kepedulian terhadap lingkungan dan mengenal lebih dekat pejabat,” terang Plt. Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Dr. Hudiyono, M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir HRD CSR PT ADM Kirana Belly, Kadis Lingkungan Hidup Batu Drs. Arief As Siddiq, Kadis Kehutanan Batu Sapto, Kasi Konservasi Kelautan dan Perikanan Malang Ir. Nur Andriono, M.T, Kacabdin Kota Malang dan Batu Dra Ema Sumiarti, Ketua YPLP PGRI Jatim Drs. Sugiyanto Tjokro, Ketua PGRI Kota Malang Drs. Tri Suharno, M.Pd, dan Ketua PGRI Kota Batu Samon, S.Pd. (adn/yan)

 

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler