Pendidikan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Persiapan Prakerin, SMK PGRI 3 Gembleng Kedisiplinan 787 Siswa di Dodikjur

  • Rabu, 26 Juni 2019 | 18:49
  • / 22 Syawal 1440
Persiapan Prakerin, SMK PGRI 3 Gembleng Kedisiplinan 787 Siswa di Dodikjur
Sebanyak 787 siswa SMK PGRI 3 Ikuti Pembekalan Prakerin. (rhd)

Serahkan 800 Bibit Tanaman ke DKP Kota Malang

Memontum Kota Malang – Sekitar 787 siswa kelas 9 SMK PGRI 3 Kota Malang mengikuti Pembekalan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di Dodikjur Kota Malang, selama 2 hari, Rabu-Kamis (26-27/6/2019), mulai pukul 06.30 – 17.00 WIB. Pembekalan ini dimaksudkan agar siswa tetap menjaga kedisiplinan dalam memasuki dunia kerja saat Prakerin dalam beragam perusahaan di Indonesia, yang dimulai Juli 2019 hingga Juni 2020.

“Pembekalan ini untuk meningkatkan dan menanamkan jiwa disiplin, jiwa karsa, dan jiwa cinta NKRI atau patriotisme. Meski kedisiplinan diajarkan sejak menjadi siswa baru, kami coba charge kembali agar siap menyesuaikan dengan tuntutan dunia kerja. Sebagaimana motto SMK PGRI 3 Kota Malang, yaitu Success by Disiplin,” jelas Kepala SMK PGRI 3 M. Lukman Hakim, ST, kepada awak media.

Kebersamaan perwakilan siswa dan elemen yang terlibat dalam pembekalan prakerin. (rhd)

Kebersamaan perwakilan siswa dan elemen yang terlibat dalam pembekalan prakerin. (rhd)

Penggemblengan ini rutin dilakukan SMK PGRI 3 Kota Malang, dimana dilakukan saat KCS atau MPLS, menjelang Prakerin, dan sebelum lulus sekolah, agar kedisiplinan tetap terjaga.

“Targetnya, mereka terkondisikan siap menjalankan pekerjaan sebagaimana tuntutan perusahaan. Sekaligus aplikatif skill yang diperoleh di bangku sekolah. Hal ini turut meningkatkan jumlah serapan lulusan. Dimana jumlah keterserapan lulusan tahun ini, sekitar 70 persen telah direkrut kerja, kuliah jalur beasiswa Bidikmisi dan reguler 11 persen, serta wirausaha 19 persen dari target 30 persen,” terang Lukman, sapaan akrabnya, usai menyerahkan para siswa kepada Kaur Koperasi Dodikjur, Kapten (Inf) Anam, mewakili Komandan Dodikjur.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan 800-an bibit jenis tanaman keras dan hias kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang sebagai bentuk kepedulian lingkungan seperti diamanahkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, agar semua pihak turut terlibat.

Penyerahan secara simbolis bibit tanaman kepada DKP Kota Malang dan Dodikjur. (rhd)

Penyerahan secara simbolis bibit tanaman kepada DKP Kota Malang dan Dodikjur. (rhd)

“Nantinya, tanaman ini akan digunakan Pemkot Malang untuk mengikuti lomba kebersihan tingkat nasional. Sisanya sebagian tanaman akan didistribusikan ke kelurahan Tlogomas di sekitar sekolah,” tambah Lukman, usai menyerahkan bibit tanaman kepada Diana Prabaningtyas, Seksi Pembangunan dan Perawatan Tanaman Dinas Pertamanan Kota Malang.

Lukman menambahkan, gerakan ini juga sebagai pemanasan kegiatan masa pengenalan KCS atau MPLS pada 8 Juli mendatang. Selain akan memberikan 2.000 bibit tanaman mahoni dan sengon, SMK PGRI 3 akan menyebarkan ratusan bibit ikan di DAS Brantas.

“Ini juga sebagai bentuk kepedulian atau CSR SMK PGRI 3 Kota Malang dalam membangun insan peduli lingkungan dalam mengamankan dunia dari kekurangan Oksigen (O2), baik di Malang Raya maupun Kota Malang sendiri,” tandas Lukman. (adn/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional