Connect with us

Kabupaten Malang

KKN UM, Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana di MI Sunan Giri Ringinsari Sumawe

Diterbitkan

||

GIAT : Giat Sosialisasi Mitigasi Bencana di Mi Sunan Giri Ringinsari Sumawe. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Perkenalkan Pada Siswa, Tentang Bencana Alam dan Gempa Bumi

 

Memontum Malang – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang 2019 di Desa Ringinsari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) menggelar Sosialisasi Mitigasi Bencana di “MI Sunan Giri” desa setempat Selasa (18/6/2019) lalu. Adapun tujuan sosialisasi ini, untuk Memperkenalkan pada Siswa,tentang bencana alam,gempa bumi, termasuk cara mengatasi resiko.

Program kerja kegiatan ini dibagi menjadi dua yaitu sosialisasi mitigasi bencana gempa bumi dan simulasi mitigasi bencana untuk meminimalisir resiko bencana. Sasaran utama, yaitu siswa kelas 5 MI Sunan Giri yang terletak di dusun Sidomukti Desa Ringinsari.

BERSAMA : Bersama Siswa MI Sunan Giri. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

BERSAMA : Bersama Siswa MI Sunan Giri. (H Mansyur Usman/Memontum.Com)

Khusnul Khotimah, Fakultas Ilmu Sosial menjelaskan, tujuan dilakukannya sosialisasi ini untuk mengenalkan pada siswa tentang bencana alam gempa bumi dan resikonya, serta untuk memberikan pengetahuan mengenai pengurangan resiko bencana gempa bumi yang dapat dilakukan siswa dalam upaya tanggap bencana.

Tambah Khusnul, sosialisasi mitigasi bencana ini dimulai pukul 08.00, dengan diawali pembukaan dan perkenalan dari semua anggota KKN UM 2019. Selanjutnya, menyanyikan lagu yang berjudul Mitigasi Gempa yang dilanjutkan dengan menonton video Mitigasi Gempa.

“Melalui nyanyian lagu “Mitigasi Gempa” ini siswa dapat lebih mudah mengingat dan tanggap terhadap bencana gempa bumi. Media video juga ditayangkan agar siswa tertarik menyaksikan dan mampu memahami bencana alam gempa bumi dan resikonya, serta untuk memberikan pengetahuan mengenai pengurangan resiko bencana gempa bumi yang dapat dilakukan siswa dalam upaya tanggap bencana, ” urai Khusnul Minggu (23/6/2019) siang.

Lanjut Khusnul, masuk ke bagian inti acara yaitu bagian penjelasan terkait materi mitigasi bencana yang diberikan oleh mahasiswa KKN UM 2019 dari jurusan pendidikan geografi sehingga memiliki pemahaman yang lebih dalam mengenai mitigasi bencana alam,serta dilanjutkan dengan simulasi mitigasi bencana bersama siswa-siswi kelas 5 MI Sunan Giri dengan harapan siswa mampu mengetahui potensi bencana alam disekitarnya dan cara penyelamatan diri sebagai upaya tanggap bencana.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga mendapatkan respon positif dari pihak sekolah MI Sunan Giri, mereka sangat mendukung kegiatan ini karena dapat memberikan pemahaman yang lebih nyata pada siswa.

“Saya sangat senang dengan kegiatan mahasiswa KKN UM yang telah mau memberikan pengetahuan dan mengajarkan kepada siswa kami. Karena kegiatan ini belum pernah digelar, baik internal sekolah maupun KKN sebelumnya,” pungkas Khusnul mengutip komentar Muhlis Kepala MI Sunan Giri. (Sur/oso )

 

Terpopuler