Pendidikan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Tingkatkan Serapan Mahasiswa, Polinema Gandeng PT Chandra Asri Petrochemical

  • Rabu, 15 Mei 2019 | 21:41
  • / 10 Ramadhan 1440
Tingkatkan Serapan Mahasiswa, Polinema Gandeng PT Chandra Asri Petrochemical
Wakil Direktur II, Dr. Eng. Anggit Murdani, S.T., M.Eng, berikan cinderamata kepada Irma Y Hattu, GM HRD PT. Chandra Asri Petrochemical. (rhd)

Memontum Kota Malang – Menguatkan konektivitas dengan mitra kerja, dan meningkatkan jumlah mahasiswa yang terserap kerja sebelum lulus kuliah, Politeknik Negeri Malang (Polinema) menggelar Sosialisasi Karir dan Beasiswa bersama PT. Chandra Asri Petrochemical, di Aula Gedung Teknik lantai 8, Polinema, Rabu (15/5/2019).

“Kerjasama dengan PT. Chandra Asri Petrochemical ini merupakan tahun kedua. Sebelumnya Chandra Asri merekrut 10 mahasiswa. Dimana 6 mahasiswa mendapatkan beasiswa, yaitu UKT semester 5 dan 6, serta uang saku. Kali ini, masih tahap sosialisasi. Belum tahu jumlah yang dibutuhkan. Kemungkinan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, karena Chandra Asri sedang membuka pabrik baru. Sehingga jumlah tenaga SDM yang dibutuhkan juga banyak,” jelas Wakil Direktur II, Dr.Eng. Anggit Murdani, S.T., M.Eng.

Wakil Direktur II, Dr. Eng. Anggit Murdani, S.T., M.Eng, membuka acara. (rhd)

Wakil Direktur II, Dr. Eng. Anggit Murdani, S.T., M.Eng, membuka acara. (rhd)

Sosialisasi ini diikuti oleh sekitar 200-an mahasiswa D3 dan D4 jurusan Teknik Kimia Polinema yang terbagi dalam beberapa seksi. Dengan sosialisasi di semester 5 pada mahasiswa D3 dan semester 7 pada mahasiswa D4, diharapkan mahasiswa telah dipersiapkan lebih dulu melalui pelatihan yang komprehensif. Sehingga saat lulus, mahasiswa siap langsung kerja.

“Sistem yang digunakan seperti ijon. Mahasiswa harus melalui seleksi dulu. Kalaupun ada yang tidak lolos seleksi, kemungkinan melalui jalur biasa agak diprioritaskan. Nah yang lolos itu ada yang dapat beasiswa, dan ada yang hanya langsung bekerja usai lulus kuliah. Kalau yang dapat beasiswa itu ikatan kerja selama 2 tahun,” tambah Anggit, didampingi Kajur Teknik Kimia Harjono.

Para mahasiswa Polinema serius menyimak paparan. (rhd)

Para mahasiswa Polinema serius menyimak paparan. (rhd)

Selain rekrutmen SDM, diharapkan ada kerjasama di sektor lain seperti penelitian dan pengembangan riset. “Terkait kerjasama riset dan pengembangan sudah ada wacana. Tinggal reschedule ulang. Target kami, bulan Desember akan ada karyawan baru untuk pemenuhan kebutuhan pabrik yang baru,” jelas Irma Y Hattu, GM HRD PT. Chandra Asri Petrochemical.

Irma menambahkan, saat ini yang dibutuhkan masih lulusan D3. Namun melalui sosialisasi ini, boleh diikuti mahasiswa D3 dan D4. Pasalnya, nantinya akan dibutuhkan pula lulusan D4.

“Bagi yang tidak lolos seleksi, baik yang direkrut dan beasiswa. Lulusan D3 dan D4 bisa melalui jalur biasa, yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Yang pasti melalui seleksi ini, kami sedang mempersiapkan teman-teman yang lulus dengan ikatan kerja selama 2 tahun,” tandas Irma, yang tampil sebagai narasumber bersama Drs Bambang Soepeno, MMKom, staf ahli Wakil Direktur IV. (adn/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional