Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Robot DOME UMM Tercepat di KRI Regional IV

  • Kamis, 25 April 2019 | 22:26
  • / 19 Sya'ban 1440
Robot DOME UMM Tercepat di KRI Regional IV
Tim Robotik "Dome" UMM raih waktu tercepat. (ist)

Memontum Kota MalangRobot pemadam api “DOME” Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menjadi yang tercepat di Kompetisi Robot Indonesia (KRI) Regional IV di Universitas Mataram, Minggu-Selasa (21-23/4/2019). Tim yang digawangi Bayu Irawan Nugroho dan Dwi Nur Fajar berhasil mengalahkan pesaing terberatnya, Universitas Brawijaya (UB) di urutan dua, dan Universitas Teknologi Sepuluh November (ITS) di urutan ketiga.

Didapuknya Tim Robotik UMM sebagai juara pertama kontes robot bergengsi antar perguruan tinggi di Indonesia ini, setelah Robot “DOME” UMM mencatatkan akumulasi nilai waktu tercepatnya, yakni 1,16 di sesi pertama; 1,24 di sesi kedua; serta 1,11 di sesi ketiga, dengan nilai akhir 3,51. Sementara, Robot Bhatara Wijaya UB mencatatkan nilai akhirnya di 4,69 dan Robot Abnara-1 ITS mencatat nilai akhir di 6,57.

Robot pemadam api “DOME” UMM sebagai tim terbaik pada kontes robot tingkat Regional IV ini akan diundang untuk ikut serta dalam kontes robot tingkat Nasional. Jika kembali mendapat raihan baik, yakni keluar sebagai juara pertama KRI kategori pemadam api Nasional, UMM akan kembali mewakili Indonesia pada Trinity College International Robot Contest 2020 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

Robot “DOME” UMM sekaligus mendapat capaian tim dengan Strategi Terbaik. Diakui ketua tim, Bayu Irawan, bahwa kelebihan timnya, yakni pada pemetaan (mapping) lintasan dari titik start menuju titik Api.

“Strategi mapping kami nggak bertele-tele. Dari start langsung ke titik api dan kembali lagi ke start. Sementara tim lain harus mengecek ke ruangan kosong dulu,” jelas Bayu. (adn/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional