Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Dirjen Dikdasmen Jadikan SMK PGRI 3 Malang Percontohan SMK Nasional

  • Senin, 15 April 2019 | 18:24
  • / 9 Sya'ban 1440
Dirjen Dikdasmen Jadikan SMK PGRI 3 Malang Percontohan SMK Nasional
Kepala Sekolah SMK PGRI 3 Malang Lukman Hakim (jas hitam), memberikan penjelasan kepada Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Hamid Muhammad dan para undangan. (rhd)

Memontum Kota Malang – Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud RI, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D. mengharapkan SMK di seluruh Indonesia mempunyai partner industri untuk menjaga kualitas lulusan yang link and match dengan kebutuhan tenaga kerja di dunia usaha dan dunia industri (Du-di).

“Kita harapkan semua SMK di seluruh Indonesia itu harus punya partner kerja industri, partner kerja perusahaan, sehingga anak-anak kita ini mulai bersekolah itu sudah jelas kompetensi apa yang harus ditekuni dan mereka nanti akan bekerja di mana,” jelas Hamid, disela launching kelas industri baru YMPI (Yamaha Musical Products Indonesia) Class, di SMK PGRI 3 Malang, Sabtu (13/4/2019).

Foto bersama usai penandatangan MoU. (rhd)

Foto bersama usai penandatangan MoU. (rhd)

SMK PGRI 3 Malang termasuk SMK binaan, rujukan, dan revitalisasi. Merujuk hal ini, Hamid berharap SMK PGRI 3 dapat menjadi contoh bagi SMK-SMK yang lain, baik di Malang maupun di seluruh Indonesia. Sebab langkah yang dilakukan SMK PGRI 3 untuk bekerja sama dengan du-di ini merupakan bagian dari kelanjutan program revitalisasi SMK yang dimulai Kemendikbud sejak 2016.

“Sebelumnya kita lebih banyak fokus pada pembenahan kurikulum. Kemudian kerjasama antarkementerian dan beberapa industri di level nasional. Yang dilakukan di SMK PGRI 3 ini merupakan tindak lanjut di level mikro, di level sekolah,” ujarnya.

Kemendikbud mengapresiasi hal ini, karena MoU yang dilakukan di level nasional sekarang sudah turun sampai level sekolah. Tak hanya level praktik kerja siswa, tetapi hingga level rekrutmen.

“Besar harapan kami agar SMK PGRI 3 menjadi contoh bagi SMK yang lain. Kami meminta sekolah-sekolah aliansi yang menjadi bagian dari SMK PGRI 3 menyontoh apa yang sudah dilakukan SMK PGRI 3. Dan jangan lupa untuk memperbaiki segala hal, menyangkut masalah kurikulumnya, masalah kompetensi gurunya, sarprasnya, dan uji kompetensi siswanya, yang penting itu harus bermitra dengan industri,” tandas Hamid.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional