Pendidikan

iklan Penerimaan Mahasiswa baru universitas wisnuwardhana
lenjag

Nuffic NESO Indonesia Tawarkan Beasiswa StuNed, Ajak Mahasiswa UB Lanjutkan Kuliah di Belanda

  • Sabtu, 18 November 2017 | 20:56
  • / 28 Safar 1439
  • Dibaca : 188 kali
Nuffic NESO Indonesia Tawarkan Beasiswa StuNed, Ajak Mahasiswa UB Lanjutkan Kuliah di Belanda
Indy Hardono, saat menyampaikan gambaran kuliah di Belanda kepada mahasiswa UB. (rhd)

Memontum Kota Malang — Netherlands Education Support Office (Nuffic NESO Indonesia) mengajak mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang untuk melanjutkan kuliah di Belanda beserta peluang beasiswanya, yang disampaikan di Studio UB TV, Gedung Rektorat UB, Jumat (17/11/2017) sore.

Nuffic Neso Indonesia merupakan organisasi non-profit yang ditunjuk resmi dan didanai oleh pemerintah Belanda untuk menangani berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan tinggi Belanda. Neso Indonesia adalah perwakilan Nuffic di Indonesia yang menyediakan informasi dan konsultasi gratis lebih dari 2.100 program studi. Neso Indonesia juga memprakarsai dan memfasilitasi kerjasama di bidang pendidikan tinggi antara institusi di Indonesia dan Belanda.

Tuan rumah sekaligus alumni Wageningen University, Prof. Dr. Ir. Ifar Subagiyo MAgrSt, Direktur International Office Universitas Brawijaya, menyatakan dukungannya.

“Belanda memiliki sejumlah lembaga pendidikan tinggi dengan reputasi internasional. Oleh karena itu pantas dijadikan sebagai destinasi studi. Dan alumni mahasiswa UB berhak memiliki kualitas pendidikan kelas dunia,” ujarnya saat memberikan sambutan.

StuNed, singkatan dari Studeren in Nederland, atau diterjemahkan sebagai studi di Belanda dengan beasiswa penuh, atau seluruh kebutuhan studi. Beasiswa StuNed terus berupaya untuk memberikan kesempatan lebih banyak bagi warga negara Indonesia untuk dapat melanjutkan studi di Belanda. Bersama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia, setiap tahun Neso Indonesia menawarkan program beasiswa bagi sekitar 200 warga negara Indonesia dalam bentuk program master dan pelatihan.

“Kami hadir untuk mengajak mahasiswa UB meraih kesempatan melanjutkan studi di Belanda dengan beasiswa StuNed, melalui paparan tentang studi di Belanda, kesempatan beasiswa, dan pengalaman kerja. Sebelumnya mahasiswa UB sudah banyak yang menerima beasiswa dari Belanda. Kami mulai membuka pendaftaran untuk program master dan short course. Yang perlu diingat, StuNed adalah beasiswa berbasis prestasi yang berfokus pada keunggulan (keunggulan akademik, jenjang karir, penghargaan dan prestasi penting lain) dan keterkaitan dengan area prioritas kerjasama bilateral antara Belanda dan Indonesia. Adapun keempat area tersebut yaitu perdagangan internasional, keuangan, ekonomi; transportasi dan (Agro)logistic; infrastruktur, keamanan dan penegakan hukum; serta agro-pangan dan holtikultura,” papar Indy Hardono, Koordinator Tim Beasiswa Nuffic Neso.

Meski awal tahun 2.000 merupakan program bilateral Belanda-Indonesia, sehingga ada faktor penentu lain sesuai kebutuhan dengan prioritas. Kemudian berubah partnership dengan menerima fresh graduated yang excellent sejak tahun 2016. StuNed menjalin kerjasama co-funding dengan beberapa perguruan tinggi di Belanda. Peluang kerjasama co-funding ini juga terbuka untuk individu (pelamar) dan institusi baik swasta dan pemerintah. Tercatat alumni stuned diatas 4.500 sejak tahun 2000.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya tenggat pendaftaran 15 Maret 2018 untuk program Master, dan 6 Januari 2018 untuk Short Course. Selain harus memiliki surat penerimaan dari universitas di Belanda, kandidat
harus memiliki skor IELTS minimal 6 untuk master, serta IELTS minimal 5,5 untuk short course. Informasi
lebih lanjut mengenai StuNed dan program studi di Belanda dapat dilihat di web www.nesoindonesia.or.id/stuned. Calon mahasiswa Indonesia juga dapat menghubungi staf Nuffic NESO Indonesia untuk konseling gratis. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional