Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Emil Dardak: Universitas Trunojoyo Pilar Pengembangan Pulau Madura

  • Selasa, 9 April 2019 | 07:57
  • / 3 Sya'ban 1440
Emil Dardak: Universitas Trunojoyo Pilar Pengembangan Pulau Madura
Wagub Jatim saat membuka Penandatanganan Kerjasama dan Forum Group Discussion (FGD) KEK Garam di Universitas Trunojoyo Madura

Memontum Surabaya – Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dituntut mampu menjadi pilar pengembangan Pulau Madura. Sebab, pulau yang terkenal dengan produksi garamnya itu memiliki potensi yang cukup besar. Apalagi, UTM yang tengah menggagas pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Garam di Madura itu berharap bisa dikembangkan di masa mendatang.

“Ini khususnya UTM jadi motor penggerak Madura bisa menghasilkan garam lebih banyak lagi dan kualitasnya baik. Disertai dengan adanya teknologi, produksi garam bisa kontinyu,” ujar Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat membuka Penandatanganan Kerjasama dan Forum Group Discussion (FGD) KEK Garam di Aula Gedung Rektorat Universitas Trunojoyo Madura, di Kabupaten Bangkalan, Senin (8/4).

Menurutnya, peningkatan produksi dan kualitas garam yang ada di Madura bisa terus dilakukan. Salah satu upayanya yakni mengatasi kerentanan terhadap kondisi cuaca agar bisa dilakukan dengan teknologi yang sedang diujicoba yakni flow down technology.

Selain itu, lanjutnya, ada empat hektar lahan di Kabupaten Pamekasan yang sudah diakuisisi UTM untuk difungsikan sebagai tempat fasilitas laboratorium terpadu. Termasuk satu hektar miliki Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang akan disinergikan.

“Ini sudah disetujui oleh Kepala BRSDM dari KKP yang hadir Prof. Syarif. UTM silahkan pakai fasilitas KKP untuk mengembangkan produksi garam,” kata Emil Dardak panggilan akrabnya.

Emil Dardak juga berharap agar Madura menjadi Pusat Unggulan Inovasi (PUI) Garam di tanah air. Agar keinginan tersebut bisa tercapai, dirinya akan terus mengawal proses tersebut.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional