Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

LPPM UB Tingkatkan Program Pengabdian Masyarakat

  • Sabtu, 6 April 2019 | 09:17
  • / 30 Rajab 1440
LPPM UB Tingkatkan Program Pengabdian Masyarakat
Ketua Dewan Pakar Kementerian Desa PDTT RI, Prof Dr Haryono Suyono MA, PhD, menyampaikan pentingnya peran perguruan tinggi dalam pembangunan Desa Mandiri. (rhd)

Melalui Doktor Mengabdi, KKN Tematik UB, Institusi Mengabdi dan lainnya

Memontum Kota Malang – Dalam Sosialisasi Program Pengabdian kepada Masyarakat dalam rangka percepatan Desa Mandiri di era industri 4.0, Rektor UB Nuhfil Hanani menyampaikan, sepanjang tahun 2018 ini, program Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya (UB) Malang telah menjangkau kurang lebih 70 wilayah dengan kategori 3T, yakni Tertinggal, Terdepan, dan Terluar.

“Program Doktor Mengabdi, Institusi Mengabdi, Brawijaya Mengabdi, dan bentuk lain program pengabdian masyarakat itu bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Nuhfil Hanani, kepada awak media di sela acara yang berlangsung di Gedung Rektorat UB Malang, Kamis (4/4/2019).

Angka 70 wilayah yang telah dijangkau tersebut merupakan akumulasi tempat pengabdian masyarakat dalam Doktor Mengabdi dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) yang dilakukan sepanjang tahun 2018.

Selama ini, UB Malang telah melakukan sejumlah upaya pengadian masyarakat, seperti Doktor Mengabdi, KKN Tematik UB, Pusat Layanan Pembangunan Desa UB, Institusi Mengabdi, dan lainnya. Salah satu yang paling menonjol adalah program Doktor Mengabdi. “Tahun 2019 ini juga sudah dimulai lagi, jumlahnya berapa nanti dipetakan lagi,” ungkap Nuhfil.

Doktor Mengabdi merupakan kegiatan bentuk pengabdian para dosen UB yang telah bergelar Doktor, dengan menggandeng minimal 5 mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhirnya atau KKN Tematik UB, kepada masyarakat.

Doktor Mengabdi diluncurkan sejak tahun 2017, dengan pembagian 5 ring wilayah, diantaranya Ring 1 meliputi wilayah Malang Raya, Pasuruan, Blitar, Lumajang, Kediri, Mojokerto, Probolinggo; Ring 2 meliputi wilayah Tulungagung, Trenggalek, Nganjuk, Jombang, Gresik, Tuban, Bojonegoro. Ring 3 meliputi wilayah Jawa Timur selain Ring 1 dan 2. Ring 4 meliputi wilayah Kepulauan Jawa Timur. Ring 5 Luar Jawa.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional