Connect with us

Kota Malang

Tim Mekatronic UMM Siap Berlaga di SEM Asia Malaysia

Diterbitkan

||

Tim Mekatronic UMM Siap Berlaga di SEM Asia Malaysia

Memontum Kota Malang – Tim Mekatronic Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) siap berlaga di kontes internasional Shell Eco-Marathon Asia (SEM Asia) 2019 yang digelar di Sirkuit Internasional Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia, April mendatang. Ajang bergengsi ini bakal diikuti 28 mobil dari 22 universitas di Indonesia dan 100 tim dari seluruh penjuru kawasan Asia dan Timur Tengah.

Pada ajang kali ini, Mekatronic UMM mengandalkan mesin BLDC Motor 400 Watt untuk bersaing di kategori kendaraan Urban Electric. Dengan tempurung berbahan carbon fiber dan sasis aluminum, serta ban pelek berukuran 17 inchi dan roda dasar berukuran 1250 milimeter. Keseluruhan bobot mobil sekitar 80 kilogram.

Rektor UMM Fauzan MPd, menyematkan logo UMM sebagai penanda doa restu. (rhd)

Rektor UMM Fauzan MPd, menyematkan logo UMM sebagai penanda doa restu. (rhd)

Sebelum mengikuti ajang ini, UMM melalui Genetro Suryo U.E.V 6 berhasil menyabet juara satu pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 dalam Kategori Urban Listrik. Raihan membanggakan ini, tentu harus dikembangkan dan dilanjutkan untuk diwujudkan menjadi juara di setiap bidang dan level kejuaraan.

“Perolehan kami berada pada nilai 335,09 KM/KWH yang memecahkan rekor Asia dan dunia. Target kami dalam SEM Asia harus meraih juara,” jelas Pembina LSO Mekatronic, Drs. Mohammad Jufri, ST., MT.

Pada gelaran ke-10 di tingkat Asia ini, SEM Asia akan menjadi wadah terbesar untuk membuktikan diri sebagai perancang kendaraan yang dapat menempuh jarak jauh dengan energi paling sedikit. Berkaca dari perjuangan Mekatronic Team untuk mengonsep dan merakit, Jufri sangat optimis mahasiswanya akan meraih hasil gemilang.

“Tim Mekatronic sudah berusaha maksimal. Performance mobil sudah lebih baik, komponen sudah diupgrade sesuai kebutuhan dalam ajang SEM Asia. Alhamdulillah UMM support, kalau pun ada kurangnya, kami mohon maaf,” ungkap Dekan Fakultas Teknik UMM ini.

Berangkat dengan 8 orang lengkap beserta drive train, Drs. Fauzan, M.Pd, Rektor UMM menekankan tim ini untuk optimis. Fauzan juga mengingatkan agar para delegasi mohon doa kepada kedua orangtua.

“Kita patut bersyukur Tim Mekatronic UMM akan mengikuti SEM Asia di Malaysia. Komitmen tinggi UMM untuk menyumbang yang terbaik bagi kampus dan bangsanya. UMM akan memberikan support penuh. Dengan tagline tiada prestasi yang tak dihargai, apapun nanti hasilnya kita targetkan juara. Tunjukkan prestasi di kancah internasional. Berani berangkat, berani juara. Sepertinya itu hal yang sepele, tetapi itulah kekuatan yang sebenarnya,” ungkapnya. (adn/yan)

 

Terpopuler