Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Siswa SMPN I Wonoyu Belajar dengan ModeL ODL

  • Selasa, 12 Maret 2019 | 00:21
  • / 5 Rajab 1440
Siswa SMPN I  Wonoyu Belajar dengan  ModeL ODL
Siswa SMPN I Wonoayu belajar religi di makam Maulana Ishaq. (par)

Memontum Sidoarjo – Sejumlah guru SMP Negeri I Wonoayu melaksanakan proses belajar dengan metode ODL (Out Dor Learning ) dengan tujuan makam Maulana Ishaq, gua Maharani , dan pantai WBL Lamongan. Pembalajaran degan sitem ODL ini dengan tetap mengutamakan nilai pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Sekolah SMP Negeri I Wonoayu Drs.Qodim. Menurutnya ODL itu bukan rekreasi, tapi belajar. Jadi gak perlu jauh jauh, asalkan tempatnya memenuhi kriteria kebutuhan pembelajaran ODL, dapat menjadi tempat tujuan.

Pelaksanaan ODL bagi murid kelas VII kali ini dilaksanakan di wilayah Lamongan. Tempat yang menjadi obyek pembelajaran diantaranya makam Maulana Ishaq, gua Maharani , dan pantai WBL ” Tiga tempat di Lamongan tersebut sudah memenuhi kebutuhan siswa untuk mengimplementasikan pelajaran yang didapat di kelas , yakni mata pelajaran, PAI, IPA, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan IPS,” terangnya.

Dengan melaksanakan ODL diharap siswa lebih percaya diri dan mampu mengeksplorasi kemampuannya dengan cara menuangkan apa yang didapat dalam bentuk tulisan. Dalam pembelajaran ODL ini siswa diberi LK ( lembar kerja ) yang diisi dari hasil pembelajaran di luar itu.

Disamping di nilai oleh guru kelas, LK juga di cek langsung oleh Kasek, ” Kalau nilai LK kurang dari KKM siswa harus remidi berarti dia harus mengikuti ODL lagi , ” tegas kepala sekolah. Sementara itu dalam ODL itu siswa semangat mengikuti kegiatan hingga tuntas. Seperti disampaikan Nino Gilang, siswa kelas VII A . Menurutnya kegiatan ODL yang diikuti itu sangat mengesankan dan materinya mudah diserap

“ Saya sangat senang mengikuti ODL yang dilaksanakan di Lamongan , karena dapat mempraktekkan langsung pelajaran dalam kelas di alam bebas . Sangat mengesankan dan terasa lebih mudah dipahami, karena lebih rilex ,” ungkapnya. (par/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional