Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Datang dari Jepang dan Taiwan demi Olah Minyak Jelantah jadi Biodiesel

  • Rabu, 20 Februari 2019 | 03:16
  • / 14 Jumadil Akhir 1440
Datang dari Jepang dan Taiwan demi Olah Minyak Jelantah jadi Biodiesel

Memontum Surabaya – Sejumlah 22 orang delegasi asal negara Jepang dan Taiwan bertandang ke beberapa laboratorium dan jurusan-jurusan di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) demi belajar kebudayaan dan pengolahan teknologi pemanfaatan limbah.

Mereka adalah 12 orang mahasiswa serta satu profesor asal Shibaura Institute of Technology (SIT) Jepang, tiga mahasiswa dan satu profesor asal Osaka Institute of Technology (OIT) Jepang serta lima orang mahasiswa dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST).

Kunjungan rombongan ini wujud kerjasama antara UKWMS dengan NTUST dan OIT serta SIT dalam melaksanakan sistem pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) selama tujuh hari yang mengangkat tema Biodiversity as Sustainable Development in Energy and Economic Sectors’ (Biodiversitas sebagai Pembangunan Berkesinambungan di Sektor Ekonomi dan Energi).

Kerjasama yang diinisiasi oleh Fakultas Teknik ini turut melibatkan Fakultas Farmasi, Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keperawatan serta Fakultas Kewirausahaan di UKWMS.

Pertama kali diadakan pada tahun 2017, kini PBL sudah menginjak tahun ke-3 dan semakin menarik antusiasme peserta dari ke tiga negara.

Pada hari ketiga pelaksanaan PBL kali ini, diadakan praktikum bersama pembuatan Biodiesel dari limbah yang dilaksanakan di Laboratorium Kimia Organik Fakultas Teknik UKWMS. Biodiesel adalah energi terbarukan dan merupakan pengganti bahan bakar diesel yang mampu mengurangi ketergantungan negara terhadap impor bahan bakar diesel.

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional