Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Terbang ke Bangkok, Mahasiswa UM Surabaya Bawa Pulang Medali Emas

  • Senin, 11 Februari 2019 | 19:56
  • / 5 Jumadil Akhir 1440
Terbang ke Bangkok, Mahasiswa UM Surabaya Bawa Pulang Medali Emas
BERPRESTASI : Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya berhasil meraih medali emas dalam kompetisi Inovasi Internasional di Bangkok Thailand dengan membuat Alat Mempercepat Tumbuh Tanaman pada kategori Teknologi Modern Agricultural, Senin (11/2) (Rofido)

Memontum Surabaya – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UM Surabaya) berhasil menyabet medali emas dalam kontestasi Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation dan Technology Exposition di Thailand.

Mahasiswa-mahasiswa UMSurabaya tersebut berhasil menciptakan alat mempecepat pertumbuhan tanaman, yang mereka beri nama Lentera Fotositesis. Keberhasilan inovasi ini berkat kolaborasi antara mahasiswa Fakultas Teknik Elektronika (FT) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK). Para mahasiswa tersebut yakni, Ghois Qurniawan, Martha Kusuma Putri, Judith Syifa, Fatma Aulia, Dikrie Vajri dan Kartono.

“Jadi karya inovasi mahasiswa ini tahun kemarin sudah dilombakan ditingkat universitas dengan nama yang sama lentera fotosintesis. Tujuan utamanya adalah memberikan sinar yang mengandung zat khusus dan nantinya berguna untuk mempercepat pertumbuhan tanaman,” urai Rektor UMSurabaya Sukadiono, Senin (11/2/2019).

Jika biasanya, kata dia, proses fotosintesis tanaman adalah pada pagi hingga siang hari. Sedangkan Lentera Fotosintesis bisa dilakukan pada malam hari dengan menggunakan lampu LED. Sehingga kalau dibandingkan dengan proses fotosintesis pada siang hari dengan fotosintesis buatan yang malam maka akan terjadi perbedaan pertumbuhan yang signifikan.”

Ia beralasan kenapa institusi yang ia pimpin ini berani bertarung dikancah internasional. Karena Sukadiono menganggap ini sebuah karya yang original. Bahkan ketika dilihat diberbagai jurnal belum ada karya seperti ciptaan mahasiswanya itu. Hal itu diperjelas berdasarkan pengakuan para juri di Bangkok, karya inovasi mahasiswanya ini memang belum ada yang membuat di seluruh dunia.

“Dan Alhamdulilah oleh panitia seleksi awal di Jakarta kita dinyatakan lolos dan kemudian dilombakan di Bangkok, Thailand. Memang dari juri banyak yang mengatakan ini adalah karya original yang belum pernah ada di tempat lain,” akunya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional