Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Undang Kepsek se-Jatim, Rektor Unair Sosialisasikan SNMPTN dan SBMPTN

  • Senin, 11 Februari 2019 | 19:44
  • / 5 Jumadil Akhir 1440
Undang Kepsek se-Jatim, Rektor Unair Sosialisasikan SNMPTN dan SBMPTN

Rektor mengatakan, esai ini dalam rangka menjaring terkait masalah ideologi, termasuk wawasan kebangsaan siswa bersangkutan. Sebab yang akan masuk perguruan tinggi harapannya bermanfaat sebaik-baiknya untuk Indonesia. Artinya, tidak selalu yang nilainya baik, pasti akan diterima. Penilaian esai dilakukan oleh masing-masing perguruan tinggi.

Ditegaskan Rektor bahwa UNAIR menerima bukan hanya mahasiswa yang otaknya cerdas, namun juga hatinya kepada NKRI. Sehingga nilai wawasan kebangsaan akan kita pertimbangkan, terang Rektor.

Untuk pendaftar dari Tahfidz atau penghafal al-quran tidak secara otomatis akan diterima. Kemampuan akademik tetap menjadi pertimbangan. Untuk siswa yang telah diterima SNMPTN maupun SBMPTN namun tidak melakukan daftar ulang dan tidak melakukan konfirmasi kepada UNAIR, akan berpengaruh terhadap kredibilitas sekolah.

Evaluasi pendidikan mahasiswa yang telah menempuh studi di UNAIR dilakukan tidak lagi dua tahun pertama, tapi setahun pertama. Kalau dalam waktu 1 tahun Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa yang telah diterima di UNAIR tidak mencapai 1,00, secara langsung mahasiswa bersangkutan dicoret sebagai mahasiswa UNAIR.

Untuk jalur SNMPTN, rapor yang dinilai adalah sejak semester 1 sampai semester 5. UNAIR menerima mahasiswa Bidikmisi untuk semua program studi, kecuali Kedokteran Gigi. Usai sosialisasi ini harapan kawan-kawan di sekolah, khususnya kepala sekolah dan guru, paham benar bagaimana mekanisme masuk/diterima di UNAIR, sehingga nanti hasilnya (pendaftaran) bisa dipahami. Sebab selama ini masih banyak pertanyaan dari sekolah, terang rektor. Kami ingin semua berjalan dengan fair, yang baik dan terbaik pasti masuk. Kami berharap kawan-kawan di sekolah bisa mengatur strategi untuk mendorong siswa agar bisa memenuhi harapannya, tambahnya. (est/ano/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional