Pendidikan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Mendikbud Tarik Buku Yang Menyebut NU Radikal

  • Kamis, 7 Februari 2019 | 20:44
  • / 1 Jumadil Akhir 1440
Mendikbud Tarik Buku Yang Menyebut NU Radikal
Isi buku tematik "Peristiwa dalam Kehidupan" yang dianggap kontennya bisa salah tafsir bagi siswa SD. (rhd)

Memontum Kota Malang – Menanggapi desakan dari berbagai pihak atas peredaran buku pelajaran “Peristiwa dalam Kehidupan” untuk kelas V SD/MI terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Mendikbud Muhadjir Effendy akhirnya buka suara untuk menarik buku yang menyebut Nahdlatul Ulama ( NU) sebagai organisasi radikal.

Dalam buku tematik terpadu kurikulum 2013 pada tema 7 halaman 45 itu tertulis Masa Awal Radikal (Tahun 1920-1927-an). Perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah pada abad ke-20 disebut masa radikal karena pergerakan-pergerakan nasional pada masa ini bersifat radikal/keras terhadap pemerintah Hindia Belanda.

Mereka menggunakan asas nonkooperatif/ tidak mau bekerja sama. Organisasi-organisasi yang bersifat radikal adalah Perhimpunan Indonesia (PI), Partai Komunis Indonesia (PKI), Nahdlatul Ulama (NU), Partai Nasional Indonesia (PNI).

Mendikbud Muhadjir Effendy, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

Mendikbud Muhadjir Effendy, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

“Sudah ada kesepakatan, kita revisi. Revisi itu bisa secepatnya. Dalam waktu dekat akan kita share (hasil revisi, red). Di web Kemendikbud ada soft copy. Hard copy kita tarik. Kita tarik dan nanti guru-guru bisa mengambil bagian itu dari website Kemendikbud. Yang penting harus segera ditarik,” kata Muhadjir Effendy, ditemui di Dome Universitas Muhammadiyah Malang, Kamis (7/2/2019).

Muhadjir mengatakan buku tersebut diterbitkan atau diproduksi berdasarkan Peraturan Menteri nomor 57 tahun 2014 sebagai bentuk implementasi dari kurikulum 2013. Kemudian direvisi dengan peraturan Menteri Pendidikan nomor 34 tahun 2016.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional