Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Unusa dan SEAMEO Fasilitasi Mahasiswa PPL di Negara-Negara ASEAN

  • Jumat, 1 Februari 2019 | 20:01
  • / 25 Jumadil Uula 1440
Unusa dan SEAMEO Fasilitasi Mahasiswa PPL di Negara-Negara ASEAN

“Hal sama juga berlaku untuk dua mahasiswa Filipina yang sekarang ada di sini, mereka hanya membiayai biaya perjalanan, sedang selama di Surabaya, ditanggung oleh Unusa,” katanya.

Swenn Grospe Bautista, salah satu peserta pertukaran mahasiswa ini menjelaskan bahwa program ini merupakan wadah untuk mengembangkan kemampuannya dalam proses belajar mengajar.

“Melalui program ini kemahiran mengajar saya semakin meningkat. Ini merupakan pengalaman berharga bagi saya bisa mengajar di luar Filipina,” katanya.

Swenn juga mengatakan, melalui program SEA Teacher ini ia bisa mengenal budaya dan agama lain di luar yang ia ketahui di Filipina. “Kendala bahasa dan budaya tidak menjadi masalah karena saya didampingi oleh mahasiswa Filipina yang kebetulan menjadi mahasiswa Unusa,” kata Swenn, Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris, Central Luzon State Universirty, Filipina.

Sedang rekan Swenn, Precious Anne Mhay G. Giokerto, mahasiswi dari universitas yang sama, mengatakan, dirinya awalnya merasa canggung karena tidak mengenakan jilbab, tapi hari berikutnya, setalah ia diterima dengan baik, semua berjalan apa adanya.

“Awalnya saya sangat susah menempatkan diri, karena saya belum pernah menggunakan jilbab sebelumnya, dan banyak budaya yang berbeda dan harus saya pahami. Tapi teman pendamping saya sangat membantu,” katanya usai mengajar kelas SD Khadijah. (est/ano/yan)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional