Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

BI Serahkan Program Sosial, Resmikan BI Corner FEB UB

  • Senin, 14 Januari 2019 | 23:50
  • / 7 Jumadil Uula 1440
BI Serahkan Program Sosial, Resmikan BI Corner FEB UB
Jajaran civitas UB, BI, dan Komisi XI DPR RI menengok salah satu sudut BI Corner FEB UB. (rhd)

Memontum Kota Malang – Selain menyaksikan sertijab Kepala BI Perwakilan Malang, yang saat ini dijabat Azka Subhan Aminurridho. Dalam rangkaian kunjungannya ke wilayah kerja Bank Indonesia Malang, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, juga menghadiri acara Launching BI Corner Universitas Brawijaya, Senin (14/1/2019) sore.

Dalam kesempatan tersebut, BI meresmikan 4 (empat) BI Corner di wilayah kerja BI Malang yang salah satunya berada di Universitas Brawijaya dan tiga lainnya berlokasi di SMAN 1 Lawang, SMAN 1 Probolinggo, serta SMAN 1 Kota Batu. Selain itu, BI juga memberikan bantuan sarana pendidikan kepada 10 Lembaga Pendidikan dan Perpustakaan daerah di wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Malang, sekaligus lembaga penerima BI Corner. Diantaranya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Perpusda Kab. Probolinggo, Perpusda Kota Malang, Universitas Islam Malang, Politeknik Negeri Malang, SMAN 1 Lawang, SMAN 1 Probolinggo, SMAN 1 Kota Batu, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB)

Bersama penerima simbolis program sosial dan BI Corner kepada 10 lembaga pendidikan dan perpustakaan. (rhd)

Bersama penerima simbolis program sosial dan BI Corner kepada 10 lembaga pendidikan dan perpustakaan. (rhd)

“Melalui program ini, penerima manfaat diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan literasi, khususnya mengenai peran dan tugas Bank Indonesia. Selain itu, dengan adanya BI Corner dan fasilitas penunjang, penerima manfaat diharapkan juga dapat merawat dan menambah koleksi pustaka yang telah disediakan, sehingga mampu bermanfaat secara optimal bagi masyarakat, serta dapat melanjutkan kegiatan yang telah diinisiasi oleh BI,” jelas Sugeng, Deputi Gubernur Bank Indonesia.

Berbagai kegiatan pembelajaran diskusi, bedah buku, dan kegiatan edukatif lainnya agar diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan sehingga manfaat BI Corner lebih dirasakan. Saat ini telah dibangun 721 BI Corner dan 183 Pojok Baca dan Dongeng untuk PAUD di seluruh Indonesia. BI menargetkan jumlah BI Corner mencapai 1.000 di seluruh level pendidikan dan fasilitas publik strategis hingga tahun 2020.

Tahun 2018, Bank Indonesia memberikan apresiasi bagi BI Corner yang berprestasi. Salah satu BI Corner di wilayah kerja Bank Indonesia Malang berhasil meraih penghargaan, yaitu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menjadi BI Corner terbaik II kategori perguruan tinggi tingkat nasional, dan terbaik I kategori perguruan tinggi se-Pulau Jawa.

“Penghargaan tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi Bank Indonesia terhadap peningkatan kualitas pengetahuan generasi muda melalui penyediaan perpustakaan sebagai media menggali pengetahuan dan informasi, antara lain mengenai perkembangan ekonomi Indonesia dan pelaksanaan tugas Bank Indonesia,” tandas Sugeng.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) Nurkholis, SE, M.Bus.(Acc)., Ak., Ph.D, menyambut baik BI Corner yang ada di gedung Pascasarjana lantai 1. Awalnya, gedung tersebut merupakan bekas parkir mobil. Dengan adanya BI Corner semakin melengkapi kurikulum pembelajaran yang dapat diadopsi pihak FEB UB.

“Meski belum ada dalam kurikulum kami, dengan pola tersebut, kami dapat mengupdate kurikulum yang relevan dengan dunia industri saat ini. Sebab core subjek pembelajaran kami melibatkan tiga pendidik, yaitu dosen, praktisi, dan dosen luar negeri. Dan sebagian dosen pengajar FEB juga melibatkan beberapa praktisi dari beragam bank di Malang,” tandas Nurkholis. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional