Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Unusa Helat Pengmas Award, Jazidie: Semoga Bermanfaat untuk Masyarakat

  • Kamis, 20 Desember 2018 | 21:23
  • / 11 Rabiul Akhir 1440
Unusa Helat Pengmas Award, Jazidie: Semoga Bermanfaat untuk Masyarakat

Memontum Surabaya – Kedua kalinya Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menggelar Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Awards di Gedung Fastron lantai 3 Unusa. Ketua penyelenggara Pengmas Awards 2018 Muhammad Ghofirin, mengatakan kegiatan ini salah satu bentuk apresiasi Unusa kepada dosen-dosen yang telah melakukan Pengmas sepanjang tahun 2018.

“Selain dalam rangka memberikan apresiasi, kegiatan ini juga diharapkan memotivasi para dosen untuk melakukan kegian pengabdian masyarakat yang lebih bermanfaat,” katanya, Kamis (20/12/2018).

Menurut Ghofirin, selain melakukan pengajaran dan penelitian seorang dosen dituntut untuk melakukan pengabdian pada masyarakat, sebagaimana tertuang dalam kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Bahkan, Ghofirin menganggap sering kali dosen merasa cukup hanya dengan melakukan pengajaran dan penelitian. Padahal, komponen penelitian untuk perguruan kenaikan pangkat ketiga Tri Darma harus dijalankan secara seimbang.

“Karena itulah Unusa memandang perlu memotivasi dan mengingatkan pada tenaga pengajarnya untuk melakukan Pengmas,” katanya.

Ghofirin menambahkan sesuai dengan kompetensi yang ada di Unusa sedikitnya ada empat bidang yang dilakukan para dosen Unusa dalam melakukan pemgabdian masyarakat.

Empat bidang itu masing-masing kesehatan, pendidikan, ekonomi dan masyarakat.

“Hal menarik dari Pengmas Unusa adalah semua materi adalah hasil kajian dan penelitian yang siap diterapkan di masyarakat. Jadi kami tidak asal melakukan Pengmas, melainkan terlebih dahulu melakukan kajian dan penelitian. Lalu hasilnya kami implementasikan ke masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Unusa Prof. Achmad Jazidie mengungkapkan jika materi Pengmas yang dilakukan para dosen Unusa, diharapkan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami tidak ingin memberikan sesuati kepada masyarakat sebelum melakukan kajian dan penelitian. Saya berharap Pemgmas benar-benar dimanfaatkan dan di dayagunakan,” ucapnya.

Jazidie menambahkan jika topil pada bidang ekonomi terkait dengan pengelolaan dana desa, serta pendirian dan pengelolaan badan usaha milik desa (Bumdes). Misalnya, menjadi hal yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi para kepala desa di tengah banyaknya ketidaktahuan perangkat desa terkait dengan persoalan pertanggungjawaban, sehingga menyeret mereka ke ranah hukum.

“Melalui pengabdian masyarakat inilah Unusa ingin berkontribusi untuk memberikan praktik terbaik dari kompetisi keilmuan yang dimiliki kepada masyarakat,” pungkas Jazidie. (sur/ano/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional