Pendidikan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

UMM Dukung Kejuaraan ESports Jadi Cabor Baru

  • Kamis, 20 Desember 2018 | 19:38
  • / 11 Rabiul Akhir 1440
UMM Dukung Kejuaraan ESports Jadi Cabor Baru
Tim peserta ESports bertanding berebut menjadi delegasi UMM

Memontum Kota Malang – Meski belum begitu populer, cabang olah raga (cabor) satu ini justru tengah naik pamor. Olah raga elektronik atau electronic sports (ESports), dulu hanya jadi sarana hiburan, kini berubah jadi cabor yang diperlombakan secara resmi. Salah satunya, pada gelaran ASIAN Games 2018 yang resmi memasukkan ESports sebagai salah satu cabang olahraga (cabor). Pun Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menunjukkan dukungannya pada cabor ini.

Event pertama kali yang dikolaborasikan dengan Tencent dan Tora Bika, menghelat PUBG Campus Championship Indonesia, di Aula GKB IV UMM, Kamis (20/12/2018) siang. Game PUBG sendiri sekarang tengah banyak digandrungi. Meski berstatus exhibition, atau tak masuk dalam daftar kontingen pemenang, ajang ini tak sepi peminat. Hal tersebut mendorong Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM-U) UMM untuk menyelenggarakannya.

Kejuaraan ini diselenggarakan secara serentak di 40 Perguruan Tinggi di Indonesia. Di UMM sendiri, hanya dalam kurun 28 jam dibukanya pendaftaran, sudah ada 112 tim yang mendaftar. Padahal kuota bertanding hanya 20 tim. BEM-U sampai harus melakukan seleksi untuk merampingkan pendaftar menjadi 20 tim saja. Di Kota Malang sendiri, ada empat Perguruan Tinggi yang terlibat, yakni UMM, Polinema, Universitas Brawijaya dan UM.

“Tim yang menang akan mendapatkan Grand prize sebesar lima juta rupiah. Nantinya, tim yang melampaui skor rata-rata akan berangkat mewakili UMM ditingkat Nasional, serta berhadapan dengan perguruan tinggi lain. Ini adalah wujud kami mendukung perkembangan E-Sports di Indonesia,” jelas Ainur Rifqi Alhamdani Rahmat, Presiden Mahasiswa UMM.

Terakhir, Rifqy mengajak untuk menyikapi ESports dengan bijak dan menjadikannya sarana prestatif, bukan sekedar rekreatif. Lewat kejuaraan ini, masyarakat tak lagi memandang sebelah mata para pemainnya. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional