Pendidikan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Menko Perekonomian Apresiasi SMKN 4 dan SMKN 11 Sebagai Pilot Project

  • Kamis, 13 Desember 2018 | 19:58
  • / 4 Rabiul Akhir 1440
Menko Perekonomian Apresiasi SMKN 4 dan SMKN 11 Sebagai Pilot Project
Darmin Nasution berdialog dengan siswa SMKN 4 Kota Malang. (dmr)

Memontum Kota Malang – Kebutuhan tenaga kerja terampil di bidang teknologi digital semakin tinggi seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital dan e-commerce di Indonesia. Melalui kerjasama revitalisasi SMK antara pemerintah pusat dan daerah, lulusan SMK diharapkan dapat mengisi kebutuhan tersebut. Untuk Provinsi Jawa Timur, SMKN 4 Malang dan SMKN 11 Malang dipilih menjadi pilot project pertama dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang ekonomi digital di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia (Menko Perekonomian RI) Darmin Nasution mengunjungi SMKN 4 Kota Malang, sebagai salah satu sekolah rujukan vokasi di Jawa Timur, Kamis (13/12/2018). Dalam kunjungannya, Darmin didampingi Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman, Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko.

Menko Perekonomian ujicoba praktek sablon. (dmr)

Menko Perekonomian ujicoba praktek sablon. (dmr)

“Pekerja di Indonesia ini masih banyak yang lulusan SMP, jadi masih sangat minim sekali pekerja yang berpendidikan SMK di negara ini. Padahal era industri 4.0 dan ekonomi digital saat ini juga akan mengubah kebutuhan SDM ke depan. Di era ini akan ada pekerjaan yang terdampak otomasi yang membutuhkan reskilling dan upskiling. Selain itu, juga akan melahirkan pekerjaan baru dengan kualifkasi skill tinggi di bidang teknologi digital,” ujar pria yang menjabat Menko Perekonomian sejak 12 Agustus 2015 ini.

Pria kelahiran Tapanuli, Sumatera Utara, 21 Desember 1948 ini, mengunjungi satu per satu laboratorium dan tempat kerja di SMKN 4 Kota Malang, seperti tempat sablon baju, lab. animasi dan lainnya. Tak hanya meninjau SMKN 4 Kota Malang, di lokasi yang sama ada pula SMKN 11, untuk memperkenalkan system kerja dan kelebihan dari SMK masing-masing. Darmin mengapresiasi SMKN 4 dan 11 Malang yang sudah memiliki jurusan-jurusan sejalan dengan perkembangan tren global, seperti jurusan Animasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer & Jaringan dan Mekatronik. Talent digital dengan keahlian seperti Desainer 3D, Animator, Front End Programmer dan Mobile Application Programmer dapat dihasilkan dari lulusan SMK.

Menko Perekonomian bersama undangan, berfoto bersama Kasek dan guru SMKN 4 Kota Malang. (dmr)

Menko Perekonomian bersama undangan, berfoto bersama Kasek dan guru SMKN 4 Kota Malang. (dmr)

SMKN 4 Malang telah melakukan inovasi pembelajaran, antara lain modul online untuk pembelajaran siswa PKL, metodologi mengajar di kelas dengan menggunakan VALEMO (variasi learning model), memiliki guru tamu dari industri, memiliki guru yang aktif dalam menulis buku pelajaran yang sesuai dengan kurikulum nasional, menerapkan sistem mutu ISO 9001:2015, pelaksanaan ujian online dengan menggunakan CBT, Tablet dan HP berbasis android, memiliki sistem informasi management, dan penggunaan raport online.

Inovasi lainnya yang ada di SMKN 4 Malang adalah PKL selama 1 tahuan (pada semester 4 dan 5), guru On The Job Training, memiliki kerjasama dengan 251 industri, memiliki kelas industri, berbadan hukum dan inovasi dalam teaching factory. “Praktek Kerja Lapangan SMKN 4 Kota Malang adalah satu-satunya sekolah yang memberikan waktu 1 tahun,” kata Wadib Su’udi, Kepala SMKN 4 Kota Malang. (dmr/rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional