Pendidikan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

CIMSA Unej Bertekad Ubah Stigma Negativ Pada Penderita HIV Aids

  • Jumat, 30 November 2018 | 20:01
  • / 21 Rabiul Uula 1440
CIMSA Unej Bertekad Ubah Stigma Negativ Pada Penderita HIV Aids

Memontum Jember – Peringati hari HIV AIDS sedunia, Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Jember yang tergabung dalam CIMSA menggelar rangkaian kegiatan bertema Warrior.

Kegiatan itu dimaksudakan untuk menghapus mindset stigma negative di lingkungan masyarakat Indonesia tentang HIV/AIDS. Demikian disampaikan oleh Vice Local Coordinator For External Affairs CIMSA Fakultas Kedokteran Made Devi dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat, (30/11/2018)

Stigma itu Ia gambarkan melalui penggalan puisi berjudul ‘Warrior: Prajurit Merah Perangkul ODHA’ “Jangan dekat-dekat ODHA, nanti ketularan!”, “HIV bisa menular lewat gigitan nyamuk.” “HIV itu penyakit orang-orang nakal.” Mungkin stigma diatas mampu mendeskripsikan mindset masyarakat Indonesia tentang HIV/AIDS.

Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang HIV/AIDS serta tingginya kasus diskriminasi terhadap Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) menyebabkan angka penderita HIV/AIDS naik. Data Dinkes Jember, prevalensi HIV/AIDS hingga April 2018 mencapai 3786 kasus, merupakan nomor dua tertinggi di Jawa Timur.

Hadirnya organisasi intra kampus di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jember (Unej) ini disamping fokus pada kesehatan juga kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Semangatnya, bagaimana mempromosikan hidup dan berpikir sehat serta melangkah untuk mengatasi berbagai problem di masyarakat.

“Tak hanya kesehatan, tapi juga hak asasi manusia, seperti hak dalam pendidikan, mencegah terjadinya praktik pekerja anak, yang menjadi salah satu faktor penyebab tingginya angka putus sekolah, sehingga, bentuk kegiatannya bisa bermacam-macam, dari seminar, hingga terjun ke masyarakat,” jelasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional