Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

3 Tim PPNS Target Juara di Ajang KKCTBN

  • Senin, 19 November 2018 | 01:27
  • / 10 Rabiul Uula 1440
3 Tim PPNS Target Juara di Ajang KKCTBN

Memontum Surabaya – Tiga timnya lolos di ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) siap unjuk gigi dengan target prestasi. PPNS menjadi satu-satunya politeknik dan kampus di Jawa Timur yang berhasil meloloskan seluruh timnya di KKCTBN 2018.

KKCTBN 2018, yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti tahun ini, merupakan kontes yang diselenggarakan untuk menguji kreativitas mahasiswa dalam mendesain badan kapal, menetapkan prinsip engine matching dan merancang sistem otomasinya. KKCTBN diharapkan dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa berbasis teknologi adalah penyelenggaraan kontes kapal cepat dalam bentuk prototipe.

PPNS mengirimkan tiga timnya, yakni Aero Ships pada kategori Autonomous Surface Vehicle (identifikasi warna), tim Sianida Research Vessel pada kategori Electric Remote Control, dan Surasena 5 pada Kategori Fuel Engine. Dalam uji coba pada Jumat (15/11) lalu, Aero Ship dan Sianida Research Vessel melenggang dengan mulus di lintasan tanpa menabrak. Sedangkan untuk Surasena 5, meski sempat mengalami trouble pada engine, akhirnya dapat melakukan uji coba.

Ketiga kapal ini menggunakan desain kapal yang berbeda disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis lintasan. Aero ship menggunakan desain kapal trimaran (tiga lambung), dimana dianggap lebih stabil dibandingkan catamaran (dua lambung).

Danang Chandra selaku Ketua tim Aero Ship menyampaikan bahwa salah satu keunggulan Aero Ship selain desainnya adalah penggunaan sensor kamera.

“Sensor kamera dilengkapi stabilizer dan autobrightness. Sehingga tidak silau ketika tertimpa cahaya matahari dan untuk kapal trimaran tiga lambung ini tujuannya nanti agar kesetabilannya tinggi saat menghantam ombak,” terang Danang.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional