Pendidikan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Peringati Maulid, SMK PGRI 3 Ajarkan Ketauladanan Nabi Muhammad SAW

  • Jumat, 16 November 2018 | 20:13
  • / 7 Rabiul Uula 1440
Peringati Maulid, SMK PGRI 3 Ajarkan Ketauladanan Nabi Muhammad SAW
KH Ir Achmad Wahyudi, SH, MH bersama Al Mumtaz, berikan tausyiah dalam Nada dan Dakwah. (rhd)

Memontum Kota Malang – Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H dan Hari Pahlawan 2018, SMK PGRI 3 Malang menggelar rangkaian acara bertemakan “Menggapai Cinta Allah SWT dengan Mencintai Rasulullah SAW dan Melestarikan Sunnah-SunnahNya dalam Semangat Kepahlawanan”, di halaman Universitas Islam Malang (Unisma), Jum’at (15/11/2018).

Rangkaian acara dimeriahkan oleh Sholawat Kontemporer Al Mumtaz, lomba fashion show Pahlawan, adzan, iqamah, Banjari, kaligrafi, hidzfil dan tartil Qur’an, puisi kebangsaan, dan lainnya. Tak hanya lomba, namun juga demo dan unjuk gigi dari beberapa ekstrakurikuler yang ada di SMK PGRI 3 Kota Malang. “Usai sholat Jum’at, dilanjutkan Nada dan Dakwah yang disampaikan KH. Ir. Achmad Wahyudi, SH, MH, dari Banyuwangi, yang berkolaborasi dengan Al Mumtaz, dimana para anggotanya beranggotakan tuna netra namun memiliki kepiawaian dalam bermusik,” jelas Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Kholik, kepada Memo X di sela acara, Jumat (15/11/2018) sore.

Animo siswa SMK PGRI 3 Kota Malang mendengarkan tausyiah. (rhd)

Animo siswa SMK PGRI 3 Kota Malang mendengarkan tausyiah. (rhd)

Kholik menambahkan, melalui penampilan Al Mumtaz, diharapkan dapat menyentuh hati, memotivasi, dan bersyukur atas kelebihan yang diberikan Allah SWT kepada anak-anak siswa SMK PGRI 3 Kota Malang. “Dengan melihat kemampuan dan kelebihan Al Mumtaz, dapat meningkatkan ghirah semangat mereka untuk menjadi lebih baik di dalam belajar, bertingkah laku, dan berkarakter dalam kesehariannya,” tambah guru agama Islam SMK PGRI 3 Kota Malang.

Seperti tradisi dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, siswa nantinya akan bertukar makanan dan kue di akhir acara. Tak hanya 1.800 siswa, namun juga melibatkan guru dan karyawan, serta siswa SMP Wahid Hasyim. “Nabi Muhammad itu juga Pahlawan bagi umat Islam. Sehingga anak-anak bisa mengambil ketauladanan dari Nabi Muhammad SAW, dan para pahlawan bangsa Indonesia. Termasuk tetesan ilmu dari para kyai yang hadir. Ada banyak pelajaran moral, etika, dan agama, yang didapat anak-anak nantinya. Dan anak-anak ditugasi resum dari acara ini, untuk kembali mengingatkan nilai-nilai apa saja yang telah didapat,” jelas Kabid Kesiswaan SMK PGRI 3 Kota Malang, Adhy Ariyanto ST MT.

Ketua Panitia Abdul Kholik. (rhd)

Ketua Panitia Abdul Kholik. (rhd)

Disinggung tentang kerjasama dengan Unisma, dimana kegiatan diadakan di halaman kampus, Kholik menjelaskan bahwa kerjasama sudah terjalin baik sejak lama dalam beberapa kegiatan sebelumnya. “Seperti MOG, tahun baru Hijriyah, dan lainnya. Sekaligus mengenalkan kepada anak-anak terkait Perguruan Tinggi,” tukas Adhy. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional