Pendidikan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

1.234 Peserta Ikuti Invitasi Tapak Suci Skariga 2018 se-Jawa Timur

  • Kamis, 15 November 2018 | 19:08
  • / 6 Rabiul Uula 1440
1.234 Peserta Ikuti Invitasi Tapak Suci Skariga 2018 se-Jawa Timur
Peserta usia PAUD dan TK turut mewarnai Invitasi Tapak Suci Skariga 2018 se-Jawa Timur. (rhd)

Memomtum Kota Malang – Kali pertama, SMK PGRI 3 Kota Malang menggelar Invitasi Tapak Suci Skariga 2018 se-Jawa Timur, untuk tingkat pelajar, mahasiswa dan umum, di Roof Top Mall Dinoyo City Malang, selama 4 hari, Kamis-Minggu (15-18/11/2018). Sementara di tingkat Pimpinan Daerah Tapak Suci (Pimda TS), memasuki tahun keempat dimana sebelumnya dilaksanakan oleh Perguruan Tinggi.

Tujuan kegiatan ini untuk mencari bibit-bibit pencak silat dari Tapak Suci di tingkat Jawa Timur untuk mewakili Porprov dan turnamen nasional serta internasional. “Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pengda Kota Malang dan SMK PGRI 3, yang diikuti 1.234 peserta dari 98 kontingen di Jawa Timur, seperti Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kediri, Jombang, Gresik, Bojonegoro, Surabaya, dan lainnya. Dan ini kepesertaan yang terbanyak dari kegiatan sebelumnya. Kepanitiaan dari Kota Malang melibatkan 27 perguruan Tapak Suci, SMK PGRI 3, Manajemen MDC, dan dinas terkait,” jelas Ketua Panitia Alfan Aji Galih, dalam sambutannya.

Kepala SMK PGRI 3 M. Lukman Hakim, ST, dan Ketua Pimda TS Kota Malang Drs Kusmadiyono MPd, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

Kepala SMK PGRI 3 M. Lukman Hakim, ST, dan Ketua Pimda TS Kota Malang Drs Kusmadiyono MPd, menjawab pertanyaan awak media. (rhd)

Total 2.500 siswa SMK PGRI 3 sebagai bagian tidak terpisahkan dari tapak suci. Sebab tapak suci menjadi muatan lokal (milik) atau ekstrakurikuler wajib bagi siswa SMK PGRI 3 Kota Malang. Melalui bela diri dapat membentuk karakter dan mental yang kuat, serta disiplin yang baik. “Kegiatan ini untuk mencari benih terbaik dari anak bangsa, yang diharapkan muncul jawara terbaik dari Jawa Timur untuk dipersiapkan dalam turnamen internasional seperti Sea Games, dan lainnya. Meski ini kegiatan pertama kali kami, alhamdulillah melebihi target dari 1.000 peserta, berkat kerjasama Pimda-pimda lainnya. Jika berjalan baik dan lancar bisa dilanjutkan tahun depan,” jelas Kepala SMK PGRI 3 M. Lukman Hakim, ST.

Lukman menambahkan, dengan gemblengan fisik melalui bela diri yang terarah, akan menghilangkan kekhawatiran orang tua pada kenakalan remaja. “Tapak suci ada di SMK PGRI 3 sejak 2014. Selain prestasi non akademik, karakter, fisik, dan keimanan siswa dapat tertata dengan baik,” tukas Lukman.

Salah satu peserta unjuk gigi kategori Seni menggunakan senjata kipas. (rhd)

Salah satu peserta unjuk gigi kategori Seni menggunakan senjata kipas. (rhd)

Sementara itu, Ketua Pimda TS Kota Malang Drs Kusmadiyono MPd mengatakan, banyak peserta berprestasi di tingkat Jatim dan nasional yang turut turun. Selain untuk meningkatkan dan menambah prestasi, juga memotivasi peserta junior dan setingkatnya untuk bersama-sama membawa nama harum perguruannya ke jenjang lebih tinggi. “Bertaburnya atlet dari kota Malang menjadi parameter daerah lainnya untuk ikut serta. Ada banyak atlet Porprov, PON, Asean Games, dan lainnya yang juga turut. Sebenarnya peserta tembus hampir 1.500, namun demi kualitas dan munculnya bibit terbaik, kami batasi 1.234 peserta,” jelas Kusmadiyono.

Pria yang juga menjabat pengurus Pimwil TS Jatim ini menambahkan, ada beberapa kelas yang dipertandingkan. Diantaranya kelas seni secara beregu, tangan kosong, jurus nasional, jurus tapak suci, dan fight. “Peserta terbanyak diikuti oleh jenjang PAUD dan TK. Ini harapan kami agar muncul bibit dengan pembinaan secara berkesinambungan sejak usia dini. Dan Tapak Suci termasuk pencak silat yang paling diminati di Kota Malang pada semua jenjang pendidikan. Sebab nilai karakter keimanan dengan wajib bisa sholat, baca Al Qur’an, juga diajarkan dan diujikan saat kenaikan tingkat. Sehingga banyak orang tua yang memasukkan anaknya di Tapak Suci,” tukas salah satu pengurus PP Muhammadiyah ini. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional