Connect with us

Surabaya

Penjaringan Bacarek ITS, Mulai Bersaing Paparkan Program Andalan

Diterbitkan

||

Penjaringan Bacarek ITS, Mulai Bersaing Paparkan Program Andalan
Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Memontum Surabaya – Pesta demokrasi terbesar bagi keluarga besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali hadir tahun ini. Sebanyak 15 pendaftar Bakal Calon. Rektor (Bacarek) mengusung program unggulan masing-masing pada tahap pemaparan strategi sebagai bentuk kesiapan menjadi Rektor ITS periode 2019-2024, di Gedung Research Center ITS mulai Selasa (13/11).

Pada Pemilihan Rektor (Pilrek) ITS periode ini jumlah pendaftar bacarek terhitung cukup banyak. Berasal dari berbagai latar belakang organisasi dan pengalaman kerja, 15 pendaftar bacarek bersaing dengan sehat untuk memperebutkan kursi rektor ITS 2019-2024. Sebaran usia para pendaftar bacarek pun sangat beragam, mulai dari golongan muda, menengah hingga yang sudah memiiki banyak pengalaman menjabat di berbagai tempat.

Sekretaris panitia Pilrek 2018, Dr Ayi Syaeful Bahri SSi MT menjelaskan, terdapat beberapa kualifikasi yang menjadi persyaratan khusus sebagai pendaftar bacarek ini. Di antaranya harus memiliki jabatan fungsional minimal lektor kepala, berusia maksimal 60 tahun pada saat pelantikan resmi rektor, kemudian juga harus berpendidikan minimal adalah doktor (S3), dan juga memiliki pengalaman pernah menjabat sebagai ketua jurusan, kepala departemen, atau yang setara dan berada di atasnya.

“Hal ini dikarenakan kita (sivitas akademika ITS, red) menginginkan memiliki orang yang mumpuni untuk menjadi rektor ke depannya,” tutur dosen yang biasa disapa Ayi ini saat jumpa pers.

Terdapat beberapa rangkaian dalam acara pesta demokrasi warga ITS ini. Untuk saat ini, para pendaftar bacarek berada di tahap pemaparan strategi kepada masyarakat ITS yang diselenggarakan selama tiga hari di Gedung Research Center (RC), tanggal 13 – 15 November 2018. Setiap harinya, lima pendaftar bacarek diberi kesempatan memaparkan strategi dan program-program unggulan masing-masing yang akan mereka bawa jika terpilih menjadi rektor ITS.

Ayi menerangkan bahwa fungsi dari tahap ini agar masyarakat ITS mengetahui program-program masing-masing bacarek dan memunculkan figur calon rektor yang mampu menjawab tantangan ITS di masa mendatang. Melalui acara ini pula, semua pemaparan bacarek dapat terekam jelas sebagai bukti nyata yang transparan bagi warga ITS.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Terpopuler