Pendidikan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Tim Laboran FIA UB Sabet Juara 1 Gemastik 2017

  • Selasa, 7 November 2017 | 20:18
  • / 17 Safar 1439
Tim Laboran FIA UB Sabet Juara 1 Gemastik 2017
Tim LABORAN FIA UB. (ist)

Memontum Kota Malang — Tim Laboran Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA UB) Malang, yang beranggotakan Ekananda Putri Nurafandi dan Muhammad Fathir Alhakim, mampu menyabet Juara 1 Gemastik (Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) di Universitas Indonesia, pada Sabtu (4/11/2017).

Gemastik 2017 merupakan program Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti, yang digelar sebagai upaya peningkatan kualitas mahasiswa sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Tim dibawah naungan EI Lab (Entrepeneurship and Innovation Laboratory) FIA UB ini, menggagas aplikasi yang menjembatani petani dengan segmen pasar potensial. Laboran mampu menyingkirkan ratusan tim dari seluruh universitas di Indonesia pada kategori Pengembangan Bisnis TIK.

“Masalah yang sebenarnya hendak kami selesaikan berkaitan dengan kesejahteraan petani. Dari data yang didapat, jumlah kelompok kerja yang menanam bahan pangan itu pada 17 tahun terakhir mengalami penurunan. Padahal, jumlah penduduk dunia menurut PBB diprediksi mencapai 8,5 miliar jiwa pada 2030. Artinya, kebutuhan bahan pangan justru akan meningkat. Ternyata masalahnya ada pada kesejahteraan petani yang rendah, yang disebabkan mereka tidak mengetahui harga pasar dan rantai distribusi yang terlalu panjang,” ujar Ekananda.

Awalnya tim tersebut ingin mencoba untuk memotong rantai distribusi tersebut, namun ternyata hal tersebut sulit tercapai, karena pasar rupanya sudah memiliki sistemnya sendiri. Sehingga satu-satunya solusi yang termudah, dengan membantu petani dalam mendapatkan segmen pasar yg sebelumnya tidak disasar oleh petani, namun memiliki potensi pembelian yang tinggi.

Hingga saat ini, aplikasi tersebut mampu menampung 15 kelompok tani yang bergabung dengan total 1.500 petani. Selain itu, keberhasilan aplikasi ini juga dibuktikan dengan suksesnya simulasi alur bisnis yang pernah dilakukan melalui kerja sama dengan beberapa rumah makan yang ada di Kota Malang. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional