Pendidikan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Kartar Diberikan Pelatihan Fotografi dan Desain Grafis

  • Selasa, 7 November 2017 | 09:09
  • / 17 Safar 1439
  • Dibaca : 156 kali
Kartar Diberikan Pelatihan Fotografi dan Desain Grafis
Haris, Widayati, dan Murdianto, bersama perwakilan peserta pelatihan. (rhd)

Dispora Gandeng SMK PGRI 3 Kota Malang

Memontum Kota Malang – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Malang bekerjasama dengan SMK PGRI 3 Malang menggelar pelatihan fotografi dan desain grafis bagi pemuda bertemakan “Peningkatan Upaya Penumbuhan Kewirausahaan dan Kecakapan Hidup Melalui Pelatihan Fotografi dan Desain Grafis bagi Pemuda kota Malang tahun 2017”, di SMK PGRI 3 Kota Malang, di SMK PGRI 3 kota Malang, selama 5 hari, Senin-Jum’at (6-10/11/2017).

Sebanyak 60 peserta utusan kelurahan se-Kota Malang yang sebagian besar anggota Karang Taruna mendapatkan pelatihan secara teori dan praktek. Pelatihan ini telah diatur dalam amanat UU 40/2009, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi pemuda usia 16-30 tahun dalam kemandirian usaha. “Pelatihan ini berbeda, selain pendidikan non formal, juga untuk pemberdayaan pemuda dalam kemandirian usaha sebagai solusi meminimalisir pengangguran. Pemuda di kota Malang sekitar 38 persen, belum ditambah 300-500 ribu mahasiswa, dimana perputaraan ekonomi mahasiswa mencapai 2 Trilyun per bulan. Jadi potensi untuk berkarya pemuda dan target pasar mahasiswa sangat besar. Usaha apapun tidak akan mati, salah satunya ekonomi kreatif di bidang fotografi dan desain grafis. Contohnya kaos, tas, dan lainnya, apalagi dekat momen pilkada,” jelas Sekretaris Dispora Ir M. Haris, kepada Memo X.

Usai pelatihan, diharapkan kemahiran yang didapat bisa ditularkan kepada rekan sekitarnya untuk menciptakan peluang kerja bersama. “Pelatihan semacam ini merupakan agenda ke-4 dari rencana 6 agenda kegiatan pelatihan yang diperuntukkan bagi pemuda usia 16-30 tahun dari dana APBD di tahun 2017. Sebelumnya, digelar workshop dan pendampingan menjahit dan bordir, hantaran manten, merangkai bunga kering (decopage), dan kali ini pelatihan fotografi dan desain grafis. Tujuannya untuk melatih peserta secara bertahap dalam melatih kemampuan fotografi dan desain grafis agar lebih berdaya dan produktif, sehingga mereka percaya diri menciptakan lapangan kerja baru,” jelas Kepala Bidang Pemberdayaan Dispora Widayati S.Sos, kepada Memo X.

Dalam pelatihan ini, peserta akan mendapatkan bobot materi 30 persen dan praktek 70 persen, dengan pengarahan mulai dari nol (basic) hingga mahir (expert), dengan bimbingan dan pengarahan 4 pemateri yang dibantu 2 teknisi. Fasilitas milik SMK PGRI 3 kota Malang yang digunakan, diantaranya 15 kamera, 20 komputer desain, 2 printer DTG, 1 set lampu studio, dan lainnya. “Kalau fotografi, kami ajarkan mulai anatomi kamera, explosure, komposisi dan sebagainya. Sementara desain grafis mulai gabungan image, vektor, dan lainnya jadi satu, hingga siap cetak di kain dengan printer DTG. Saat print diajarkan pula anatomi printing, setting, hingga perawatan. Setelah teori 1 hari penuh, langsung praktek selama 3 hari di bengkel. Sisanya penyempurnaan dan pola pemasaran dengan praktek langsung di lapangan,” jelas Akbar Muhammad, koordinator pemateri dari SMK PGRI 3 kota Malang.

“Terima kasih atas kepercayaan Dispora menunjuk SMK PGRI 3 kota Malang sebagai tempat pelatihan, baik SDM pemateri maupun fasilitas peralatan yang menunjang pelatihan. Semoga dengan kerjasama ini, dapat menumbuhkan mental siap bersaing pemuda di era MEA. Dan peserta dapat memiliki target usaha untuk sukses, dan dapat memberikan manfaat bagi pemuda di sekitarnya,” jelas Wakil Kepala SMK PGRI 3 kota Malang, Murdianto, dalam sambutannya. (rhd/ono)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional