Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Tiga Siswa Smamda Ciptakan Kunci Pintu Anti Maling Juarai Amicta

  • Selasa, 4 September 2018 | 22:00
  • / 23 Djulhijjah 1439
Tiga Siswa Smamda Ciptakan Kunci Pintu Anti Maling Juarai Amicta
MEMPRAKTEKKAN - Tim Rekto Smamda mempraktekkan hasil inovasinya yang menjadi juara 1 diajang Amicta di Jogyakarta dengan inovasi karya terbaru S-LOCDROID (smart locker based on android), Selasa (4/9/2018)

Memontum Sidoarjo – Tiga siswa dan siswi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo (Smamda) berhasil menjadi juara 1. Mereka berhasil membuat inovasi Smart Locker Based on Android (S Locdroid) atau mengunci pintu menggunakan aplikasi android. Ketiga pelajar ini, berhasil menyisihkan puluhan peserta lainnya dari berbagai perwakilan nusantara.

Ketiga siswa yang masuk dalam tim Rekto itu adalah Ibrahim Muhammad, Ikhlash Rahmani Yuri, dan Khanza Auliafanda Taufani. Ketiganya berhasil menyisihkan puluhan kelompok lainnya dalam ajang Amikom Information and Communication Technology Award (Amicta) pada 1 September 2018 di Universitas Amikom Yogyakarta.

“Ide pertamanya karena kunci loker sering hilang. Aplikasi ini bergantung koneksi wifi agar aplikasi loker bisa terakses. Cara kerjanya tinggal login wifi, akses internet, bikin akun pilih loker dan bisa akses dengan mudah,” terang Ibrahim Muhammad kepada Memo X, Selasa (04/09/2018).

Lebih jauh siswa kelas 11 IPA VII ini menguraikan untuk memproduksi alat itu membutuhkan biaya pembelian hardware senilai Rp 400.000. Sedangkan shofwarenya tinggal merangkai. Untuk produksinya membutuhkan waktu sekitar 3 minggu.

“Bisa sampai 40 loker untuk 1 aplikasi android. Tinggal kemampuan routernya,” imbuhnya.

Pasca menjadi juara, Ibrahim dan kawan-kawannya berharap hasil inovasinya itu dipatenkan. Tujuannya agar bisa diproduksi massal demi kemaslakatan masyarakat secara umum.

“Harapannya bisa dipatenkan. Karena sekarang pun aplikasi ini masih kami sempurnakan,” tegasnya.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional