Pendidikan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

Dispendik Jatim Gandeng ITS Jalankan Program Double Track SMA

  • Rabu, 29 Agustus 2018 | 21:29
  • / 17 Djulhijjah 1439
Dispendik Jatim Gandeng ITS Jalankan Program Double Track SMA

Memontum Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebagai perguruan tinggi bidang sains dan teknologi diminta Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Jawa Timur (Jatim) bekerja sama dalam pelaksanaan program double track jenjang SMA se-Jatim. Kemitraan tersebut diresmikan melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara keduanya, di Gedung Rektorat ITS, Rabu (29/8/2018).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dispendik Jatim, Dr Saiful Rachman, MM., MPd., mengatakan program double track SMA perlu dilakukan untuk mengatasi persaingan global di era industri 4.0 yang berfokus pada pendidikan vokasional. Selain itu, program ini diharapkan dapat mengisi kekosongan terhadap proses industrialisasi di Jatim. Kekosongan tersebut terlihat dari banyaknya peluang kerja industri di Jatim yang sampai saat ini belum bisa terpenuhi kuotanya secara utuh.

Saiful merinci konsep pendidikan double track diharapkan mampu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) sekaligus mengurangi jumlah pengangguran yang ada. “Pada program ini nantinya, sebanyak 8.296 siswa dari 75 SMA dan MA di 19 kabupaten Jatim akan mengikuti pelatihan keterampilan yang akan dilaksanakan dua kali dalam seminggu,” rinci Syaiful.

Proses kerjasama, tenaga ahli dari ITS akan diterjunkan ke beberapa sekolah untuk siap membimbing dan membina para siswa. Dispendik Jatim menargetkan program ini akan diikuti khususnya oleh siswa kelas XI. “Karena siswa pada jenjang tersebut sudah kami (Dindik Jatim, red) anggap cukup matang dalam hal menerima dua ilmu double track ini, yakni ilmu teori dan keterampilan yang akan menjadi bekal kedepannya setelah lulus,” imbuh mantan kepala Biro Kerjasama Pemprov Jatim itu.

Perjanjian antara Dispendik Jatim dengan ITS ini nantinya akan membuka tujuh bidang keterampilan yang bisa dipilih dan diikuti oleh para siswa. Bidang-bidang tersebut meliputi tata boga, kecantikan, tata busana, otomotif ringan, multimedia, teknik elektronika, dan teknik listrik.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional