Pendidikan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

PPDB Jalur Reguler SMPN 5 Membludak

  • Senin, 9 Juli 2018 | 19:20
  • / 25 Syawal 1439
  • Dibaca : 150 kali
PPDB Jalur Reguler SMPN 5 Membludak
Animo calon siswa dan orang tua pada PPDB jalur reguler di SMPN 5 Kota Malang. (mg5)

Memontum Kota Malang – PPDB Kota Malang Jalur Reguler telah dibuka di 27 SMPN pada 9 – 11 Juli 2018. Salah satunya, SMPN 5 Kota Malang dibanjiri calon siswa pada hari pertama, dimana panitia PPDB telah menyiapkan 300 lembar formulir pendaftaran. Tercatat hingga pukul 10.00 WIB, formulir hanya tersisa 15 lembar. Hal ini membuktikan, SMPN 5 Kota Malang sangat digandrungi oleh para siswa dari berbagai daerah di Kota Malang.

Sementara pagu SMPN 5 Kota Malang hanya 106 siswa, dimana untuk jalur reguler terbagi 35 persen untuk domisili Kota Malang dan lulusan SD Kota Malang, 5 persen dari luar Kota Malang. Dengan membludaknya calon siswa, menjadikan SMPN 5 lebih selektif dalam hal wilayah maupun akademik.

Terdapat ketentuan baru dalam mekanisme pendaftaran dengan menyertakan NIK untuk memeriksa domisili siswa yang sebenarnya. Peraturan PPDB jalur reguler yaitu menggunakan nilai raport dan danem. Jalur prestasi juga masuk dalam jalur reguler. Terdapat 5 siswa yang direkomendasikan oleh pihak pemerintah Kota Malang untuk mendaftar di SMPN 5. “Baru satu siswa yang berprestasi pada bidang bulutangkis yang mendaftar,” ujar Marinda, Ketua PPDB SMPN 5 Malang.

Karena terlalu banyaknya pendaftar, SMPN 5 Malang menyarankan untuk ke sekolah yang terdekat dengan domisili pendaftar. Namun, saran yang diberikan oleh panitia PPDB tidak semua diindahkan dan masih banyak peserta yang berdomisili jauh dari sekolah tetap ingin bersekolah di SMP N 5 Malang. “Banyak pendaftar dari Sawojajar, Blimbing, kami sarankan untuk ke SMP 11 atau SMP 21,” jelas Marinda.

Banyaknya peminat SMPN 5 Kota Malang, karena SMP ini masuk kategori SMP favorit Kota Malang. Pada tahun 2018, SMP ini meraih peringkat ketiga rata-rata nilai UN terbaik Kota Malang, yaitu 80,17. Untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Malang tahun 2017, meraih juara 3 untuk bidang IPA dan juara 2 untuk bidang Matematika, dan masih banyak lagi prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa-siswa SMPN 5 Kota Malang pada bidang akademik maupun non akademik.

Selain prestasi akademik dan non akademik, pelayanan para guru SMPN 5 Kota Malang dengan sepenuh hati dan ikhlas. Dengan adanya keikhlasan dan ketulusan dalam mengajar, menjadikan SMPN 5 Malang mencetak siswa berkarakter dan skill yang baik dalam bidang akademik maupun non akademik. “Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanyalah malas. Kami semua guru-guru memiliki tekad untuk mengajar dan memberikan pelayanan dengan ikhlas dan dijalani sebagai ibadah,” pungkas Marinda. (mg4/mg5/rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional