Pendidikan

POLITEKNIK NEGERI MALANG
lenjag

Boyong 175 Tim, UB Targetkan 7 Kali Juara Umum PIMNAS

  • Minggu, 8 Juli 2018 | 20:06
  • / 24 Syawal 1439
Boyong 175 Tim, UB Targetkan 7 Kali Juara Umum PIMNAS
Rektor UB Nuhfil meninjau stand Expo Gelar PKM UB. (rhd)

Memontum Kota Malang – Sebagai aplikatif Tri Dharma Perguruan Tinggi, sekitar 160 tim dari 175 tim Program Kreativitas Mahasiswa turut ambil bagian dalam Expo Gelar Produk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UB, yang dilaksanakan di lapangan Rektorat UB, Sabtu (7/7/2018). Dalam ajang tersebut, para peserta memamerkan aneka produk hasil penelitian dari PKM, seperti teknologi, alat tepat guna, makanan, minuman, prototype dan banyak lainnya.

Wakil Dekan III Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) bidang Kemahasiswaan, Yusuf Hendrawan, STP, M.App.Life.Sc, Ph.D, mengatakan 175 tim merupakan peserta PKM yang karyanya lolos pendanaan Kemenristekdikti. Tahun ini ada peningkatan jumlah PKM yang didanai Dikti, dimana sebelumnya hanya 125 tim. “Mereka terbagi jadi beberapa kelompok mulai dari penelitian, karsa cipta, kewirausahaan, teknologi dan pengabdian masyarakat. UB memang memiliki strategi untuk mengarahkan mahasiswanya menciptakan inovasi yang tepat guna dan memiliki manfaat,” kata Ketua tim PKM UB, sekaligus Ketua Tim Pemenangan PIMNAS UB.

Sengaja Expo Gelar PKM UB digelar saat wisuda, diharapkan orang tua mahasiswa tahu kreativitas mahasiswa UB, selain kemungkinan ada orang tua dan kerabat mahasiswa berminat mengangkat hasil penelitian menjadi industri massal. “Karya mahasiswa ini diharapkan bisa dikembangkan ke arah bisnis dan bisa bekerjasama dengan perusahaan, masyarakat atau pemerintah. Beberapa produk mahasiswa bahkan sudah mendapat ijin usaha dan juga dikomersilkan. Sehingga, nantinya mahasiswa sendiri yang akan menjadi CEO dari produk karya mereka,” harap Yusuf.

Yusuf menambahkan, dalam PIMNAS tahun 2018, UB menargetkan kembali meraih juara umum ke-7 kalinya, sekaligus meraih Quatrick juara umum berturut-turut. Hal ini senada dengan harapan Wakil Rektor III UB Prof Dr Ir Arief Prayitno, agar UB kembali meraih juara umum. “Jika tercapai, berarti UB pernah 7 kali juara umum PIMNAS, dan Quatrick berturut-turut. Tentunya bantuan dan dorongan dekan fakultas masing-masing sangat berpengaruh. Sebab PTN dan PTS lain tidak mendapatkan dukungan bantuan dana awal,” terang Ayik, sapaan akrabnya.

Rektor UB Nuhfil, Ketua Tim PKM, dan Dekan Fakultas sepakat mensupport tim secara maksimal. (rhd)

Rektor UB Nuhfil, Ketua Tim PKM, dan Dekan Fakultas sepakat mensupport tim secara maksimal. (rhd)

“Saya berharap dekan-dekan untuk maksimal mengawal mahasiswanya, agar peserta menjadi juara sesuai harapan bersama. Capaian ini nantinya sebagai ukuran UB ke depannya, sekaligus untuk mewujudkan World Class University (WCU),” harap Rektor UB Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani Ar., MS, sebelum meninjau stand Expo Gelar PKM UB. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional