Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Tak Lolos SBMPTN, Masih Ada Seleksi Mandiri

  • Rabu, 4 Juli 2018 | 19:14
  • / 20 Syawal 1439
Tak Lolos SBMPTN, Masih Ada Seleksi Mandiri

Memontum Kota Malang – Tak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018, tapi masih ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan? Tak usah berkecil hati. Sebab masih ada satu lagi peluang, yaitu melalui jalur Seleksi Mandiri. Dimana setiap PTN memberikan kesempatan seleksi terakhir dalam Seleksi Mandiri, setelah calon mahasiswa baru (camaba) gagal lolos SNMPTN dan SBMPTN.

Salah satunya, Seleksi Mandiri UB sebagai seleksi masuk Universitas Brawijaya yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya. Seleksi Mandiri UB tidak memerlukan ujian baik berupa UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak) maupun UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Seleksi didasarkan pada nilai/skor yang diambil dari hasil ujian SBMPTN 2018.

“Seleksi Mandiri UB ada 2 pilihan jenjang, yaitu S1 dan Vokasi, dengan kuota penerimaan 30 persen dari total kuota 11.075 maba. Peserta seleksi Mandiri UB tidak perlu mengikuti ujian lagi, karena seleksinya berdasarkan nilai SBMPTN 2018 (UTBC/UTBK). Jadi harus ikut SBMPTN dulu. Dan peserta ujian SBMPTN 2018 yang sebelumnya tidak memilih Program Studi di UB, tetap bisa mengikuti Seleksi Mandiri UB 2018,” jelas Kotok Gurito, Kasubbag Kearsipan dan Humas UB, kepada Memo X, di ruang kerjanya.

Pendaftaran dilaksanakan secara on-line mulai tanggal 25 Juni (mulai jam 12.00 WIB) hingga 14 Juli 2018 melalui laman http://selma.ub.ac.id;

Kelompok ujian Seleksi Mandiri UB 2018 dibagi dua kelompok, yaitu Kelompok Ujian Saintek dan Kelompok Ujian Soshum. Peserta dapat memilih prodi yang sama atau berbeda dengan pilihan pada ujian SBMPTN dengan beberapa ketentuan. Peserta yang mengikuti ujian Kelompok Ujian Saintek di SBMPTN, hanya dapat memilih Kelompok Program Studi Saintek. Sementara peserta yang mengikuti ujian Kelompok Ujian Soshum di SBMPTN hanya dapat memilih Kelompok Program Studi Soshum. Sedangkan peserta yang mengikuti ujian Kelompok Ujian Campuran di SBMPTN dapat memilih Kelompok Program Studi Saintek atau Soshum.

Peserta hanya dapat memilih 2 (dua) Program Studi yang ada di UB. Urutan pilihan menunjukkan prioritas. Bagi peserta yang memilih Program Studi dengan Kelas Internasional atau Kelas Bahasa Asing akan diadakan wawancara dan atau ujian bahasa asing. Bagi peserta yang memilih Program Studi Seni Rupa Murni akan diadakan ujian ketrampilan. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional