Connect with us

Kabupaten Malang

SDN Gampingan 1 Pagak Akreditasi Perpustakaan, Tingkatkan Minat Baca Peserta Didik

Diterbitkan

||

Suasana siswa saat membaca di perpustakaan SDN Gampingan 01 Pagak kabupaten Malang

Memontum Malang— Akreditasi perpustakaan Untuk Sekolah Dasar Negeri Gampingan 1 Pagak bertujuan untuk meningkatkan minat baca bagi peserta didik. Muhamad Suriptohadi, Kepala SDN Gampingan 01 Pagak menjelaskan, awal mula lembaganya diberikan kepercayaan untuk ikut akreditasi perpustakaan tingkat Nasional setelah adanya kunjungan kepala dinas perpustakaan Kabupaten Malang.

Pria berkacamata yang baru menjabat sebagai kepala SDN Gampingan 01 menambahkan , kepercayaan untuk direkomendasikan ikut akreditasi perpustakaan dengan bermodalkan buku 3000 judul dari 6000 buku yang dimiliki saat ini .

Rencana akreditasi perpustakaan sifatnya nasional dan satu satunya lembaga sekolah dasar di kabupaten Malang yang diikutkan .

” SDN Gampingan 01 satu satunya lembaga pendidikan yang ikut akreditasi secara nasional dari kabupaten Malang,,” ungkapnya, Selasa (3/4/2018). Dalam melaksanakan program akreditasi perpustakaan Nasional ini, lembaganya sudah menunjuk Pak Usman sebagai ketua tim akreditasi Nasional.


Persiapan mengikuti akreditasi perpustakaan Nasional telah melakukan kegiatan dengan input data buku sampai hari ini sudah tembus 50 persen atau sekitar 2577 judul ada sekitar 3000 buku .

Beberapa buku yang menjadi koleksi perpustakaan SDN Gampingan 01 mulai.pengetahuan umum, eksak , sosial, cerita fiksi, ensiklopedi, bahasa dimana kesemuanya ada yang bantuan pemerintah dan bantuan perorangan dan walimurid.

Sedangkan upaya SDN Gampingan 01 dalam membangkitkan minat baca di sekolah dengan mengajak anak-anak membaca sebelum pelajaran sekolah dimulai selama 15 menit.

“Anak yang rajin ke perpustakaan selama satu semester akan diberi pin sebagai duta baca,” ungkapnya. Tetapi kedepan kebijakan satu semester akan dirubah menjadi satu bulan demi menggenjot minat baca anak anak agar lebih baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kecamatan Pagak.

Harapannya, SDN Gampingan 01 yang terakreditasi ini akan lebih maju dan walimurid yang mengantar atau menunggu anaknya bisa baca di pojok sekolah daripada ngrumpi yang tidak perlu.

Sedangkan, Usman kepala perpustakaan sekolah dasar negeri Gampingan 01 Pagak mengaku, Ki8saat ini persiapan mengikuti akreditasi perpustakaan dalam.input data baru 50 persen.

“Agar anak-anak berminat baca, akan diberi reward pin atau disebut sebagai duta baca,” pungkasnya. (met/nay)

Advertisement
klik untuk berkomentar

Tuliskan Komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler