Connect with us

Gresik

Damar Kurung Jadi Workshop KIG 2018 jelang Bulan Ramadhan.

Diterbitkan

||

Damar Kurung Jadi Workshop KIG 2018 jelang Bulan Ramadhan.

Memontum Gresik — Puluhan anak dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kabupaten Gresik tengah asyik membuat kerajinan lukisan Damar Kurung khas Gresik sebagai hiasan jelang Bulan suci Ramadhan yang jatuh dibulan depan.

Bertempat di Wahana Ekspresi Poesponegoro, Gresik, terlihat para siswa sedang asyik menggambar lukisan diatas kertas yang sudah disediakan panitia. Sementara itu, panitia mempersiapkan kerangka Damar Kurung yang akan dibagikan kepada para peserta. Minggu Sore (1/4/2018).

Nofan Efendi (33) Salah satu pegiat seni Lukis Damar Kurung mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kesenian khas Kabupaten Gresik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan kesenian khas Gresik agar generasi muda tidak lupa akan budaya daerahnya, sekaligus sebagai persiapan menyambut Bulan suci Ramadhan yang jatuh di Bulan depan” kata Nofan Efendi (33), Pegiat Seni Damar Kurung Gresik.

Bernesa (13), Siswi Kelas 8, SMP negeri 3 Gresik yang mengikuti kegiatan ini mengatakan baru Pertama Kali menggambar damar Kurung. Gadis Manis yang akrab disapa Nesa ini mengaku kesulitan dalam menggambar damar Kurung.

“Melukis damar Kurung itu berbeda dan saya merasa kesulitan tentang konsepnya lukisannya harus seperti apa, nanti saya bakal melukis Damar Kurung lagi di rumah” ungkap Bernesa.

Khusnul Khuluk (24), Ketua Pelaksana Kegiatan KIG 2018 mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memberi wadah bagi Sekolah Sekolah di kabupaten Gresik khususnya Sekolah yang kurang populer agar mereka bisa bersaing.

“Siswa yang datang merupakan siswa yang sekolahnya pernah didatangi oleh KIG” kata Khusnul Khuluk.

Kegiatan melukis dan membuat Damar Kurung merupakan salah satu rangkaian acara festival dari Kelas Inspirasi Gresik (KIG) 2018. Selain melukis damar Kurung, juga ada lomba Cerdas Cermat, Kelas Inspirasi Award, Bazar makanan Hits, Donor Darah, Pameran Foto, Bazar buku dan Perpustakaan Keliling. (gbr/sgg/nay)

Terpopuler