Connect with us

Kota Malang

Manuver UMM Tularkan Entrepreunership ke Mahasiswa

Diterbitkan

||

Manuver UMM Tularkan Entrepreunership ke Mahasiswa

Memontum Kota Malang — Saat ini, sekitar 12 unit usaha sudah dimiliki UMM untuk terus dikembangkan. Sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dituntut mandiri dalam operasional kampus melalui inisiatif membentuk unit-unit usaha, dimana unit-unit usaha tersebut dapat ikut menyokong universitas dari segi pendanaan dan meringankan SPP mahasiswa. Agar berkembang pesat, entrepreunership yang dibangun UMM untuk kemandirian lembaga juga ditularkan kepada mahasiswanya.

Melalui misi UMM Pasti yang sedang digalakkan Rektor UMM Fauzan, yakni Pasti lulus 4 tahun, Pasti Bekerja, dan Pasti Mandiri, kali ini UMM menularkan dan bermitra dengan mahasiswa UMM sendiri. Dimana secara profesional, UMM bermitra dengan mahasiswa dalam mengembangkan salah satu unit usaha, yaitu UMM Inn yang melaunching “Ruang 2.0 Coffee & Library” di halaman depan hotel UMM Inn. Langkah ini dinilai strategis, mengingat maraknya trend “ngopi” menggunakan manual brew (penyeduhan kopi secara manual) sedang marak di Indonesia, khususnya di Kota Malang.

Wakil Rektor II UMM, Nazaruddin Malik memaparkan, selain sebagai pengembangan unit usaha, terobosan ini menjadi bentuk dukungan UMM kepada mahasiswa yang berwirausaha. “Dua orang owner dari Ruang 2.0 Coffee & Library merupakan mahasiswa UMM yang sukses mengembangkan cafe dari nol. Hal ini kami lakukan, karena UMM sangat mendukung dan siap membimbing mahasiswa untuk berwirausaha dan membesarkan usahanya,” tegas Nazaruddin.

Owner dari Ruang 2.0 Coffee & Library, Andi Ardiansyah dan Egy Prawigit mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan kerjasama dengan kampus mereka sendiri. “Kami menawarkan konsep cafe dan perpustakaan, karena kami mendukung gerakan literasi. Kami sangat tidak menyangka ide tersebut bisa menarik hati UMM. Ini merupakan salah satu pencapaian besar kami. Rencananya, Ruang 2.0 Coffee & Library akan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00-24.00 WIB,” jelas Ardi, owner Ruang 1.0 Coffee yang berlokasi di jalan Sidomakmur Dau, Malang.

Selain itu, nantinya pengembangan hotel UMM Inn akan melibatkan mahasiswa. Tak hanya itu, UMM akan kembali membangun Taman Rekreasi Sengkaling dan membangun Youth Corner. Youth Corner ini nantinya akan berfungsi sebagai lokasi mahasiswa menjalankan wirausaha dengan biaya sewa yang gratis. (rhd/yan)

Terpopuler