Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

Alumni BP3B, Tak Kalah dengan Lulusan Manca Negara

  • Minggu, 4 Maret 2018 | 22:22
  • / 16 Jumadil Akhir 1439
Alumni BP3B, Tak Kalah dengan Lulusan Manca Negara
Wisudawan BP3B di Hanggar Alpha BP3B yang siap mengemban tugas

Memontum Banyuwangi — Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Banyuwangi (BP3B), kembali meluluskan 27 pilot non diploma angkatan IX dan X, dari daratan Bumi Blambabgan. Alumni pilot-pilot tersebut bisa bersaing dengan ekspansi pilot mancanegara yang saat ini membanjiri angkasa nusantara.

Sejumlah 27 Pilot yang diwisuda telah menempuh pendidikan selama 2,5 tahun. Mereka merapungkan berbagai program pendidikan. Di antaranya, Private Pilot License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating (IR), sejak Oktober 2015.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) pada Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono mengatakan lulusan pilot dari sekolah di bawah naungannya dipastikan handal dan profesional. Karena mereka di didik dengan baik dan menggunakan peralatan canggih. Hal ini tidak akan membuat lulusan dari sekolah berplat merah ini kalah saing dengan pilot dari mancanegara.

“Kalau standar pilot di Indonesia sudah mengacu pada ketentuan internasional tentunya kita tidak perlu takut. Bahkan keinginan kita itu pilot Indonesia bisa eskpansi ke luar negeri. Adanya pilot Manca Negara ke Indonesia merupakan hal yang wajar. Tapi yang perlu kita siapkan adalah pilot yang betul-betul mengerti dengan baik bidang tugas secara kualitas tidak perlu diragukan,” ucap Djoko Sasono, Sabtu (3/3/2018), usai wisuda di Hanggar Alpha, Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Banyuwangi (BP3B).

Diakuinya, saat ini masih ada pilot yang menganggur. Namun perlu diketahui, lulusan sekolah pilot tidak langsung bisa bekerja di perusahaan airline besar. Karena mereka harus menempuh pendidikan lagi untuk bisa menerbangkan pesawat lebih besar yang kebanyakan dimiliki maskapai besar. Dirinya berpesan kepada pilot-pilot baru tersebut untuk melihat pangsa pasar yang sesuai dengan keahlian mereka para alumni.

“Ada hal yang perlu saya tanamkan ke lulusan pilot baru. Mereka bekerja harus berjalan mulai bawah. Ini karena banyak pilot muda yang ingin langsung activitas ke Perusahaan Peberbabgan besar, tapi tidak sadar jika persaingan masuk ke Perusahaan Penerbabgan besar itu sangat ketat,” ucapnya lagi.

Kepala BP3B, Banyuwangi, Afen Sena menambahkan, saat ini program pendidikan di Banyuwangi telah didukung dengan beberapa peralatan canggih. Salah satunya adalah pesawat latih jenis Cessna 172 SP Sky hawk yang telah menggunakan instrumen Glass Cockpit Garmin G 1000 yang telah dilengkapi Navigation III.

“Dibanding dengan instrumen pesawat lain ini yang paling canggih untuk level sekolah penerbang. Sementara simulator juga ada FMX Redbird dan Alsim ada 5 unit untuk menunjang pendidikan di sini,” tambahnya.
Lulusan pilot reguler non diploma terdiri dari angkatan IX berjumlah 14 orang dan angkatan X berjumlah 13 orang, 24 wisudawan dan 3 wisudawati. Semua wisuda non Diploma, tidak memiliki nilai Index Prestasi (IP). Sementara lulusan terbaik Alumni tahun 2018, di raih oleh Achmad Zulfiqar, asal Depok, dengan nilai 90,96 dari skala 100.

Dalam acara itu digelar pula pelantikan taruna non diploma penerbang angkatan XIV dari program beasiswa APBN untuk putra-putri Papua dan Papua Barat. Dan yang masih berjalan dalam program Kementerian Perhubungan, bekerja sama dengan ATKP Medan, membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat, diantaranya Basic AVSEC, PKP – PK, dan Marshalling, di buka pada tanggal 25 Januari – 24 Februari 2018, kini sejumlah pendaftar sudah melewati masa registrasi, kesehatan dan wawancara. Tinggal etape berikutnya. Dan diklat itu merupakan diklat subsidi Kemenhub, alias gratis. Dan dari sekian ratus calon diklat, Kementerian Perhubungan, lewat BP3B, yang diambil seratus calon didik,” tambah Aven Sena lagi. (but/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional