Connect with us

Kota Malang

UM Segera Punya Rumah Sakit Akademik

Diterbitkan

||

UM Segera Punya Rumah Sakit Akademik

Memontum Kota MalangUniversitas Negeri Malang (UM) berencana mendirikan Fakultas Kedokteran (FK) dan Rumah Sakit (RS) akademik. Hal ini didorong oleh keinginan UM untuk memberikan pengabdian masyarakat dalam bentuk pelayanan kesehatan, seperti yang telah dilakukan PTN atau PTS yang sudah ada di Malang, yaitu UB, Unisma, UMM, dan UIN Maulana Malik Ibrahim.

“Tahap awalnya, UM akan membangun RS dulu. Sebab salah satu persyaratannya adalah memiliki RS. Kami sedang mengupayakan itu, terkait studi kelayakan, HO, infrastruktur, dan lainnya. Nanti tempatnya di Kampus 2 UM Madyopuro, yang kebetulan lokasinya strategis untuk lebih dekat dengan masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan,” jelas Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, MEd, MSi, kepada Memo X (Grup Memontum.com).

Namun, regulasi Kemenristekdikti mengijinkan jika FK dan RS yang didirikan UM harus berbeda dengan RS akademik milik PTN atau PTS yang sudah ada di Malang. Dengan cikal bakal Prodi Kesehatan Masyarakat yang saat ini ada di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), UM akan mendirikan RS yang berkaitan dengan Keolahragaan. “Kami lebih konsen ke kesehatan yang berkaitan dengan Keolahragaan, namun pelayanan medis dasar juga disiapkan,” terang Budi.

Saat ini Kampus 2 UM hanya ditempati prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan rencananya akan dipindah ke kampus 1 UM. Sementara Prodi Kesehatan Masyarakat FIK akan dilepas menjadi Fakultas Kedokteran, dan berlokasi dalam 1 kawasan dengan area Rumah Sakit Akademik UM, yang dibangun menggunakan area seluas 8 hektare.

“UM sudah memiliki 6 dosen dokter di FIK. Rencananya UM bikin RS tipe C, yang dilengkapi ruang inap berkapasitas 50 atau hingga 100 Tempat Tidur (TT). Kami menyiapkan anggaran sekitar Rp 400 miliar untuk pembangunan RS, namun anggaran itu belum termasuk peralatan. Model bangunannya besar dan tinggi, karena bagian bawah akan jadi lahan parkir,” tukas Budi, yang tak bisa memastikan kapan pembangunan RS akan terealisasi dan selesai. (rhd/yan)

Terpopuler