Pendidikan

Politeknik Negeri Malang
STIE PERBANAS
lenjag

SMAN 1 Kepanjen Imunisasi Difteri Agar Siswa Sehat Jelang Ujian

  • Senin, 26 Februari 2018 | 17:29
  • / 10 Jumadil Akhir 1439
SMAN 1 Kepanjen  Imunisasi Difteri Agar Siswa Sehat Jelang Ujian

Memontum Malang—- Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kepanjen menjalin kerjasama dengan puskesmas Kepanjen dengan penyuntikan imunisasi Difteri dengan tujuan agar siswa sehat menjelang ujian.

Abdurrahman ,Kepala dinas kesehatan Kabupaten Malang , menjelaskan bahwa manfaat vaksin difteri adalah membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit difteri di masa yang akan datang.Tujuan imunisasi adalah  untuk meningkatkan daya kekebalan tubuh anak terhadap suatu penyakit dan program kemenkes ri (pemerintah pusat).

Kabupaten Malang sangat baik cakupannya di area aman. Semua kecamatan sudah dilakukan imunisasi,” ungkapnya.

Bakteri difteri yang bernama Corynebacterium diphtheriae ketika menginfeksi tubuh manusia akan memproduksi racun berupa protein yang bernama exotoxin. Racun inilah yang menyebabkan penyakit difteri menjadi sangat berbahaya.

Vaksin difteri dibuat dari exotoxin yang sudah dinonaktifkan dengan serangkaian metode khusus sehingga ia tidak lagi menyebabkan penyakit.

Exotoxin yang sudah tidak berbahaya lagi ini dinamakan dengan toxoid. Zat inilah yang kemudian dibuat sebagai formula vaksin kemudian disuntikkan ke dalam tubuh manusia.

Vaksin difteri yang mengandung toxoid ini disuntik ke dalam tubuh, maka tubuh akan meresponsnya sebagai serangan yang harus dilawan.

Ketika sudah berhasil menang maka sistem imun akan “mengingat” nya. Dengan kata lain jika di kemudian hari terjadi serangan penyakit difteri yang sebenarnya, maka sistem imun kita sudah siap dan sudah tau cara melawannya.

Maskuri, Kepala sekolah menengah atas negeri 01 Kepanjen , menambahkan bahwa kegiatan imunisasi difteri kerjasama smaneka debgan puskesmas kepanjen.

Siswa yang diimunisasi kelas 10,11dan 12 sejumlah 1204 siswa dengan harapan agar siswa SMAN 1 Kepanjen menjadi sehat dalam menyambut ujian dan sesuai dengan program visi dan misi Kabupaten Malang. (*/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional