Connect with us

Kota Malang

SMK PGRI 3 Kota Malang Terima 555 Siswa Baru Jalur PPA

Diterbitkan

||

SMK PGRI 3 Kota Malang Terima 555 Siswa Baru Jalur PPA

Memontum Kota Malang — Sekitar 555 calon siswa baru SMK PGRI 3 Malang lolos melalui jalur Penelusuran Potensi Akademik (PPA), dari 650 pendaftar yang mendaftar sejak 2 Januari hingga 2 Februari 2018. Mereka merupakan para pelajar berprestasi, baik akademik maupun non akademik, yang tak perlu menjalani tes masuk.

“Untuk jalur PPA tahun akademik 2018-2019 ini, SMK PGRI 3 Kota Malang memberikan 2 pilihan kemudahan. Bisa jalur akademik atau non akademik. Bahkan bisa keduanya. Tahun ini, animonya cukup meningkat. Dari 650 pendaftar, yang lolos 555 siswa baru. Terbanyak berasal dari Batu dan sekitarnya sekitar 35 persen, disusul Kota Malang 25 persen. Selain itu, ada yang dari luar pulau seperti Lampung, Kalimantan, Bali, dan lainnya,” jelas Ketua Pelaksana PPDB 2018, Adhy Ariyanto ST MT, sekaligus Kabid Kesiswaan SMK PGRI 3 Malang, mewakili Kepala Sekolah M Lukman Hakim, ST.

Antrian orang tua dan siswa daftar ulang. (rhd)

Antrian orang tua dan siswa daftar ulang. (rhd)

Pada prestasi akademik, cukup menyerahkan fotokopi legalisir raport semester 5 (kelas IX semester 1) dengan rata-rata minimal 7,5. Sedangkan prestasi non akademik, cukup menunjukkan sertifikat kejuaraan dalam bidang apa saja, minimal tingkat kota/kabupaten.

Uniknya jalur PPA, juga memberikan pilihan diskon dari biaya masuk normal hanya Rp 3,5 juta, lebih murah 50-70 persen dari jalur reguler. Diantaranya diskon pelunasan dapat cashback Rp 500 ribu, diskon nilai UAN rata-rata lebih 80 dapat cashback Rp 1 juta, atau rata-rata UAN 70-79 dapat cashback Rp 500 ribu. “Jika dilunasi pada 5-7 Februari 2018, cukup bayar Rp 3 juta saja. Lebih murah dibandingkan sekolah lainnya. Pada saat daftar ulang, siswa bisa langsung pengukuran seragam,” tambah Adhy.

Disinggung tingginya animo, Adhy menjelaskan bahwa iklan di medsos seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, sangat memberikan dampak luar biasa. “Dibandingkan tahun sebelumnya, banyak yang tidak tahu program PPA ini. Jadi sosialisasinya memang kurang. Selain medsos, CSR program Bakti Alumni juga turut memberikan dampak. Dimana alumni SMP yang telah menjadi siswa SMK PGRI 3 Kota Malang diwajibkan terlibat dalam 6 program Bakti Alumni, diantaranya Tryout Online di tiap SMP, CSR UNBK SMP, Service Gratis, CSR Event Supporting, CSR Support Branding, dan Skariga Mengajar,” terang Adhy.

Pada tahun akademik 2018/2019 ini, SMK PGRI 3 Malang menargetkan sekitar 850 siswa baru. Praktis hanya kurang sekitar 300 siswa baru yang akan dipenuhi dalam 3 jalur reguler, yang terbagi reguler 1 (5/2-6/4), reguler 2 (9/4-25/5), dan reguler 3 (28/5-terpenuhi). “Jumlah kuota siswa baru kami memang dibatasi oleh Diknas Provinsi dan Dirjen Dikdasmen SMK Jatim. Hal ini sebagai kendali mutu agar Output berkualitas dan terserap kerja sebelum wisuda. Tahun lalu dibatasi 850 siswa baru, harapannya ada sedikit penambahan hingga 900-1.000 siswa baru. Itupun jika diijinkan tahun ini,” harap Adhy.

Tercatat, ada 3 jurusan favorit jurusan dalam jalur PPA kali ini, diantaranya teknik kendaraan ringan, multimedia, dan pembangkit. (rhd/yan)

Terpopuler