Pendidikan

Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Malang
lenjag

UB Resmikan IPAL dan GPB FKUB, Kado Dies Natalis ke-44 FKUB

  • Minggu, 14 Januari 2018 | 19:16
  • / 26 Rabiul Akhir 1439
UB Resmikan IPAL dan GPB FKUB, Kado Dies Natalis ke-44 FKUB
Rektor UB Prof Dr Ir M Bisri MS meresmikan GPB. (ist)

Memontum Kota MalangSekitar 2.500 peserta meramaikan acara puncak Dies Natalis ke-44 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB), Minggu (14/1/2018). Rangkaian acara bertemakan “Collaboration on Health Enpowerment” ini, diantaranya jalan sehat, panggung hiburan, Tour d Batu, pameran karya dan expo pendidikan spesialis, peresmian Gedung Perkuliahan Bersama (GPB).

Melibatkan mahasiswa S1 dari 5 jurusan dengan 32 prodi, yaitu jurusan Kedokteran, Keperawatan, Gizi, Farmasi, Kebidanan, serta jurusan Pendidikan Dokter Spesialis dan Sub Spesialis. Selain itu, diikuti pula jajaran Rektorat, Dekanat Fakultas, Pejabat Lembaga dan Kepala TU UB, 4 mantan Rektor UB, mantan Dekan Fakultas, alumni Sekolah Tinggi Kedokteran Malang (STKM) angkatan 63-73, Ikatan Alumni (IKA) FKUB, Direktur RSSA dan RSUB.

 Pemotongan pita sebagai tanda pembuka peresmian GPB. (ist)

Pemotongan pita sebagai tanda pembuka peresmian GPB. (ist)

“STKM angkatan 63-73 merupakan cikal bakal berdirinya FKUB. Beliau-beliau inilah yang mengajarkan kami hingga berkembang seperti ini,” jelas Dekan FKUB Dr dr Sri Andarini, MKes, dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan peresmian gedung IPAL (Instalasi Pembuangan Air Limbah) milik UB, dan peresmian Gedung Perkuliahan Bersama (GPB) FKUB yang memiliki 10 lantai oleh Rektor UB Prof Dr Ir M Bisri MS, serta penyerahan bantuan salasar berupa kolam dari alumni SKTM angkatan 63-73, dan ikan dari Bupati Kediri sebagai alumni FKUB.

Aksi superhero IKA FKUB. (rhd)

Aksi superhero IKA FKUB. (rhd)

“Mudah-mudahan dengan GPB menjadikan FKUB lebih baik. Mengelola 32 prodi tidak mudah, sehingga butuh tenaga ekstra. Namun upaya tersebut berbuah, seperti 2 prodi FKUB terakreditasi internasional AUNQA, RSUB sebagai mitra FKUB telah meraih bintang 4, dan nantinya jurusan Keperawatan akan pindah ke kampus Dieng,” jelas Rektor UB Prof Dr Ir M Bisri MS, dalam sambutannya.

Sebelumnya, telah digelar beberapa rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak 27 Desember 2017 hingga 14 Januari 2018, meliputi doa dan tausyiah, pengobatan gratis, FKUB Goes to Public, bakti sosial FKUB, temu alumni 1987, temu alumni dokter gowes, dan dipamungkasi kegiatan pada Minggu (14/1/2018).

Penyerahan bantuan Salasar oleh alumni STKM angkatan 63-73. (rhd)

Penyerahan bantuan Salasar oleh alumni STKM angkatan 63-73. (rhd)

“Dalam FKUB Goes to Public, kami melakukan sosialisasi ke SMA kepada siswa, guru, dan PMR tentang FKUB. Kami juga Bakti Sosial ke beberapa SLB. Sementara hari ini ada beberapa rangkaian kegiatan seperti jalan sehat, panggung hiburan, Tour d Batu, pameran karya dan expo pendidikan spesialis, peresmian Gedung Perkuliahan Bersama,” jelas Ketua Panitia Prof Dr dr Yuyun Yueniwati Prabowowati Wadjib, M.Kes, Sp.Rad (K), sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan.

Sementara Expo Pendidikan Spesialis, sebagai ajang promosi agar mahasiswa S1 minat ke beberapa prodi spesialis. Terdapat 26 stand pameran dari mahasiswa S1 dan spesialis yang dilombakan, dengan 4 kategori stand terbaik dari 18 stand dokter spesialis dan video profile terbaik, yakni terbaik 1,2,3 dan favorit. “Penilaiannya sejauh mana materi promosi mampu menarik minat pengunjung, dan tertarik masuk prodi,” ungkap Yuyun.

Rektor bersama para mantan rektor dan dekan FKUB. (rhd)

Rektor bersama para mantan rektor dan dekan FKUB. (rhd)

Nantinya IPAL milik UB akan dikembangkan pada beberapa fakultas lain. Sementara dalam GPB tersedia ruang CBT Center di lantai 8 dengan kapasitas 300 komputer, yang nantinya dapat digunakan dalam SNMPTN dan SBMPTN. “Semuanya akan terintegrasi berada dalam 1 atap atau gedung GPB. Nantinya gedung lama akan digunakan jurusan kebidanan, dimana dalam waktu dekat akan naik menjadi Fakultas Kebidanan,” jelas Anang Mustofa, Humas FKUB. (rhd/yan)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Foto Terbaru

    Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional